PENGARUH WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN MEDIA SOSIAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE (STUDI KASUS PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI YOGYAKARTA)

Authors

  • Feba Carolla Orchida Utiyawa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Putri Dwi Cahyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nonik Kusuma Ningrum Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v13i01.30741

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Electronic Word of Mouth, Media Sosial Marketing dan Kepercayaan memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada pengguna aplikasi Shopee. Penelitian ini mengambil sampel dari pengguna yang pernah melakukan pembelian di aplikasi Shopee. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel adalah nonprobability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online melalui google form. Jumlah data responden yang diolah sebanyak 160 orang yang didapatkan berdasarkan ketentuan rumus Hair yaitu indikator dikali 10. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis linear berganda dan pengolahan ini dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Electronic Word of Mouth (X1), Media Sosial Marketing (X2) dan variabel Kepercayaan (Z) berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Utiyawa, F. C. O. . ., Cahyani, P. D. ., & Ningrum, N. K. . (2024). PENGARUH WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN MEDIA SOSIAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE (STUDI KASUS PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI YOGYAKARTA). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(01), 283-295. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i01.30741