PENGARUH WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN MEDIA SOSIAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE (STUDI KASUS PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI YOGYAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v13i01.30741Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Electronic Word of Mouth, Media Sosial Marketing dan Kepercayaan memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada pengguna aplikasi Shopee. Penelitian ini mengambil sampel dari pengguna yang pernah melakukan pembelian di aplikasi Shopee. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel adalah nonprobability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online melalui google form. Jumlah data responden yang diolah sebanyak 160 orang yang didapatkan berdasarkan ketentuan rumus Hair yaitu indikator dikali 10. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis linear berganda dan pengolahan ini dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Electronic Word of Mouth (X1), Media Sosial Marketing (X2) dan variabel Kepercayaan (Z) berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Feba Carolla Orchida Utiyawa, Putri Dwi Cahyani, Nonik Kusuma Ningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.