PENGARUH BRAND INNOVATIVENESS DAN PERCEIVED QUALITY PADA PERCEIVED VALUE DI MEDIASI OLEH BRAND EXPERIENCE PADA E-COMMERCE LAZADA DI KOTA YOGYAKARTA

Authors

  • Anisa Yuli Andayani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ida bagus Nyoman Udayana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nonik Kusuma Ningrum Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v13i05.37171

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand innovativeness dan perceived quality pada perceived value di mediasi oleh brand experience pada e-commerce Lazada di kota Yogyakarta. Populasi dan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang berada di Yogyakarta dengan kriteria konsumen yang pernah menggunakan e-commerce Lazada berjumalh 120 orang, Teknik pengmbilan sampel yang dipakai menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan penyeberan kuesioner. Analisis uji kualitas menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, Teknik analisis data menggunakan karakteristik responden, analisis regresi, analisis deskriptif,analisis asumsi klasik, analisis regresi, uji hipotesis, uji koefiesien determinasi, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand innovatieveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand experience, perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand experience, perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived value, brand innovativeness berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived value, brand experience berpengaruh postif dan signifikan terhadap perceived value.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. (2023). Branding: too often overlooked in disruptive innovation and social purpose arenas. Journal of Brand Management, 30(3), 185–189. https://doi.org/10.1057/s41262-023-00328-7

Aziz, A. R. A., Sukor, N. M., & Razak, N. H. A. (2020). International Journal of Social Science Research (IJSSR). Wabak Covid-19: Pengurusan Aspek Kesihatan Mental Semasa Norma Baharu, 2(4), 1–19. https://myjms.mohe.gov.my/index.php/ijssr/article/view/11594/5554

Asshidin, N. H. N., Abidin, N., & Borhan, H. B. (2016). Perceived Quality and Emotional Value that Influence Consumer’s Purchase Intention towards American and Local Products. Procedia Economics and Finance, 35(October 2015), 639–643. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(16)00078-2

Gantara, P., Udayana, I. B. N., & Utami, L. T. H. (2023). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Purchase decision Konsumen pada UMKM di Belitung. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 4(2), 151–164. https://doi.org/10.47747/jbme.v4i2.1108

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02

Khan, I., Hollebeek, L. D., Fatma, M., Islam, J. U., & Rahman, Z. (2020). Brand engagement and experience in online services. Journal of Services Marketing, 34(2), 163–175. https://doi.org/10.1108/JSM-03-2019-0106

Lomboan, L. K. (2017). Analysis the Influence of Perceived Quality, Perceived Price and Perceived Value on Consumer Purchase Intention in Traditional Fabrics (Case Study Kaeng Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 17(01), 100–112.

Maharani, A. S., & Hidayat, A. (2023). The influence of brand innovativeness and quality affect consumer perceived value. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 12(4), 15–32. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v12i4.2626

Mandala, K. (2017). PENGARUH PERCEIVED QUALITY TERHADAP PERCEIVED VALUE YANG DIMEDIASI OLEH PERCEIVED RISK Dewa Ayu Putu Widya Dewi 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia ABSTRAK Perekonomian Indonesia selalu mengalami peningkatan dari tahun ket. 6(5), 2700–2728.

Najib, M. A., Soesanto, H., & Sukresna, I. M. (2016). ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS, DAN PERCEIVED VALUETERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN(Studi Pada Konsumen Produk Deterjen Merek BOOM di Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XV(1), 62–73.

Nurmah, N., Atmaja, D. R., Rojuaniah, R., Hafidz, I. L. H., & Avivah, N. (2023). Memahami Dampak Sustainable Intention dari Aktivitas E-Commerce: Customer Experience, Perceived Value dan Relationship Quality. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 859–865. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i4.676

Reza, F. (2016). Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.Co.Id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74. https://doi.org/10.24198/jkk.vol4n1.6

Reyvina, R., & Tunjungsari, H. K. (2022). The Effect of Consumer Innovativeness on Purchase Intention of New Smartphone with Vicarious Innovativeness and Perceived Value as Mediations. Proceedings of the Tenth International Conference on Entrepreneurship and Business Management 2021 (ICEBM 2021), 653(Icebm 2021), 582–588. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220501.088

Sheng, C. W., & Chen, M. C. (2013). Tourist experience expectations: Questionnaire development and text narrative analysis. International Journal of Culture, Tourism, and Hospitality Research, 7(1), 93–104. https://doi.org/10.1108/17506181311301390

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Andayani, A. Y. ., Udayana, I. bagus N. ., & Ningrum, N. K. . (2025). PENGARUH BRAND INNOVATIVENESS DAN PERCEIVED QUALITY PADA PERCEIVED VALUE DI MEDIASI OLEH BRAND EXPERIENCE PADA E-COMMERCE LAZADA DI KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(05), 1738-1749. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i05.37171