PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PENGUNJUNG APLIKASI SHOPEE DI YOGYAKARTA)

Authors

  • Arif Maulana Akbar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ambar Lukitaningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nonik Kusuma Ningrum Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v14i01.35057

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh e-wom, perceived ease of use, terhadap purchase intention melalui trust sebagai mediasi pada pengunjung Shopee di Yogyakarta. Kajian ini menggali fenomena pengunjung pada marketplace Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode purposive sampling yang melibatkan 160 responden yang pernah melakukan kunjungan ke aplikasi Shopee di Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner online melalui Google Form yang diisi secara langsung oleh responden. Pertanyaan- pertanyaan dalam penelitian ini diukur menggunakan skala likert. Analisis data meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis satatistik inferensial yaitu SEM yang berbasis variance dengan software SmartPLS versi 4, meliputi uji indikator dan uji model fit. Pengujian hipotesis didasarkan pada hasil pengujian inner model. Temuan dalam penelitian ini menujukkan bahwa e-wom berpengaruh terhadap purchase intention, perceived ease of use berpengaruh terhadap purchase intention, e-wom berpengaruh terhadap trust, perceived ease of use berpengaruh terhadap trust, dan trust berpengaruh terhadap purchase intention.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-05

How to Cite

Akbar, A. M. ., Lukitaningsih, A. ., & Ningrum, N. K. . (2025). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PENGUNJUNG APLIKASI SHOPEE DI YOGYAKARTA). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 14(01), 335–346. https://doi.org/10.22437/jmk.v14i01.35057

Most read articles by the same author(s)