PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN PT UNILEVER INDONESIA Tbk
Abstrak, Pendahuluan, Landasan Teori, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.17214Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pemasaran dan corporate responsibility (CSR) terhadap suatu loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan pada PT Unilever Indonesia Tbk. Eksplorasi ini menggunakan teknik pemeriksaan kuantitatif. Untuk pengumpulan informasi dalam penelitian ini menggunakan survey melalui struktur google yang disampaikan melalui media berbasis web WhatsApp yang kemudian dibedah dengan bantuan SPSS 16. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan strategi non-probability dan prosedur pemeriksaan adalah purposive sampling dengan sampel berjumlah sebanyak 123 sampel. Hasil penelitian strategi pemasaran dan tanggung jawab sosial perusahaan menampilkan berpengaruh positif dan besar terhadap variabel kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan juga memiliki pengaruh positif dan dampak besar pada variabel loyalitas pelanggan selain itu kepuasan pelanggan dapat menjadi mediasi antar hubungan strategi pemasaran dan tanggung jawab sosial perusahaan pada loyalitas pelanggan.
Downloads
References
Al-Ghamdi, S. A. A., & Badawi, N. S. (2019). Do corporate social responsibility activities enhance customer satisfaction and customer loyalty? Evidence from the Saudi banking sector. Cogent Business and Management, 6(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2019.1662932
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DIMEDIASI KEPUASAN PELANGGAN PADA KONSUMEN GOJEK. JUPE, 08(03), 86–94.
Dewi, P. S. A., & Suprapti, N. W. S. (2018). Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Yang Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk , ( Studi Pada Produk Smartphone Merek Oppo ). Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(2), 87–98.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program spss 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Mardiana, A., & Kasim, N. A. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Butik Busana Muslim Anisa Kota Gorontalo. Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 133–148.
Michael, R., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019). Program Csr Yayasan Unilever Indonesia Berdasarkan Teori Triple Bottom Line. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 23–31. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23116
Naninsih, N., & Hardiyono. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Keputusan Pembelian Produk Usaha Kecil Menengah (Ukm) 310 Di Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 1(1). https://doi.org/10.37476/massaro.v1i1.644
Panjaitan, D., & Setyorini, R. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 10(1), 53–62. https://doi.org/10.34010/jurisma.v10i1.2772
Pranajaya, G. M. O., Suroso, I., & Irawan, B. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran dalam Bisnis Konveksi Clothing Karikatur Bali Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada PT. Eka Jaya Makmur Bali. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 6(1), 1. https://doi.org/10.19184/ejeba.v6i1.11065
Prashella, D. A., Kurniawati, Fachri, H., Diandra, P. K., & Aji, T. (2021). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY YANG DIMEDIASI OLEH ELECTRONIC SERVICE QUALITY , TRUST DAN CUSTOMER SATISFACTION PADA INDUSTRI PERBANKAN INDONESIA. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan (JEBIK), 10(2), 191–211.
Rivai, A. R., & Wahyudi, T. A. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas , Citra Merek , Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 4(1), 29–37.
Sudari, S. A., Tarofder, A. K., Khatibi, A., & Tham, J. (2019). Measuring the critical effect of marketing mix on customer loyalty through customer satisfaction in food and beverage products. Management Science Letters, 9(9), 1385–1396. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.5.012
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (Ke-19). ALFABETA, CV.
Suparman. (2016). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN PELAYANAN PERGURUAN TINGGI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PROGRAM UNGGULAN STRATA SATU (S1) SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI MANDALA INDONESIA (STIAMI). Majalah Ilmiah Institut STIAMI, XIII(01).
Surya, A. P. (2019). CUSTOMER LOYALTY FROM PERSPECTIVE OF MARKETING MIX STRATEGY AND CUSTOMER SATISFACTION A study from Grab - Online Transportation in Era of Industrial Revolution 4.0. Mix Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3), 394. https://doi.org/10.22441/mix.2019.v9i3.001
Themba, O. S., Razak, N., & Sjahruddin, H. (2019). Increasing customers’ loyalty. The contribution of marketing strategy, service quality and customer satisfaction. Archives of Business Research, 7(2). https://doi.org/10.14738/abr.12.6114
Wati, M. T., Alwie, A. F., & Samsir. (2017). Pengaruh corporate social responsibility terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen PT. Unilever Indonesia di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ida Bagus Nyoman Udayana, Agus Dwi Cahya, Nova Sari Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.