PENGARUH SERVICE QUALITY DAN DESTINATION IMAGE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KAWASAN PANTAI NGOBARAN GUNUNGKIDUL

Authors

  • Ulfah Dwi Nur Azizah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • IBN Udayana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Agus Dwi Cahya Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v14i01.40897

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality dan destination image terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction pada kawasan Pantai Ngobaran Gunungkidul.Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan Pantai Ngobaran Gunungkidul yang berjumlah 100 orang dengan menggunakan sempel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan bantuan aplikasi SPSS 25. digunakan sebagai analisis data melalui dua tahap pengujian yaitu: uji validitas dan reliabilitas, kemudian Teknik analisis data menggunakan analisis regredi linier berganda, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dengan metode Kolmogorov-Smirov, uji multikolinieritas,dan heterokedastisitas dengan menggunaka uji korelasi Spearman Rho kemudian uji parsial (Uji t), koefisien determinasi (R2) dan uji sobel. Berdasarkan hasil uji penelitian menunjukkan service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. destination image berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Destination image berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-05

How to Cite

Azizah, U. D. N. ., Udayana, I. ., & Cahya, A. D. . (2025). PENGARUH SERVICE QUALITY DAN DESTINATION IMAGE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KAWASAN PANTAI NGOBARAN GUNUNGKIDUL. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 14(01), 221–235. https://doi.org/10.22437/jmk.v14i01.40897

Most read articles by the same author(s)