PENGARUH SERVICE QUALITY DAN DESTINATION IMAGE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KAWASAN PANTAI NGOBARAN GUNUNGKIDUL
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v14i01.40897Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality dan destination image terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction pada kawasan Pantai Ngobaran Gunungkidul.Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan Pantai Ngobaran Gunungkidul yang berjumlah 100 orang dengan menggunakan sempel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan bantuan aplikasi SPSS 25. digunakan sebagai analisis data melalui dua tahap pengujian yaitu: uji validitas dan reliabilitas, kemudian Teknik analisis data menggunakan analisis regredi linier berganda, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dengan metode Kolmogorov-Smirov, uji multikolinieritas,dan heterokedastisitas dengan menggunaka uji korelasi Spearman Rho kemudian uji parsial (Uji t), koefisien determinasi (R2) dan uji sobel. Berdasarkan hasil uji penelitian menunjukkan service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. destination image berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Destination image berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ulfah Dwi Nur Azizah, IBN Udayana, Agus Dwi Cahya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.