PENGARUH BRAND EQUITY DAN SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI PADA RETAIL PT CAMPINA ICE CREAM INDUSTRY Tbk - JAMBI

Authors

  • Wanda Busra Universitas Jambi
  • Dahmiri Dahmiri Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v11i2.17959

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh langsung antara brand equity terhadap loyalitas pelanggan; (2) Pengaruh langsung antara service quality terhadap loyalitas pelanggan; (3) Pengaruh langsung antara brand equity terhadap kepuasan pelanggan; (4) Pengaruh langsung antara service quality terhadap kepuasan pelanggan; (5) Pengaruh langsung antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan; (6) Pengaruh kepuasan pelanggan dalam memediasi brand equity dan service qualityi terhadap loyaltias pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan pada customer aktif atau outlet yang terdaftar pada PT Campina Ice Cream Industry Tbk. . Populasi adalah 68 customer tetap dan data valid yang dijadikan sampel adalah 68 customer. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan kuisioner, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis kausal. Teknik analisis data menggunakan Path Analysis (Analisis Jalur). Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) Pengaruh langsung antara brand equity terhadap loyalitas pelanggan tidak berpengaruh positif dan signifikan, (2) Pengaruh langsung antara service quality terhadap loyalitas pelanggan berpengaruh positif dan signifikan, (3) Pengaruh langsung antara brand equity terhadap kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan, (4) Pengaruh langsung antara service quality terhadap kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan, (5) Pengaruh langsung antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan berpengaruh positif dan signifikan, (6) Pengaruh kepuasan pelanggan dalam memediasi brand equity dan service qualityi terhadap loyaltias pelanggan berpengaruh positif dan signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulah Kms Afandi et.al. (2018), Pengaruh Brand Equity terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Panin Dubai Syariah, Tbk. Cabang Palembang. Jurnal Ecoment Global Vol. 3, No. 1

Andayani Nur Rahmah dan Alfi Syahri Lubus, (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam. Jurnal Adminitrasi Bisnis Vol 2, No 2.

Dahmiri dan Vera Suzana (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sarolangun (Studi Pada Mahasiswa Universitas Jambi). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan Vol. 5. No. 3.

Hayati Rina, Penelitian Ilmiah, (2020). “Pengertian Penelitian Kausal, Ciri, Kelebihan, Kekurangan, dan Contohnyaâ€, diakses tanggal 13 April 2021 dari https://penelitianilmiah.com/penelitian-kausal/

Heriyanto Meizy dan Abas Bambang, (2017). Pengaruh brand equity dan brand trust terhadap loyalitas konsumen mobil merek Toyota Kijang Innova (survey konsumen pada dealer PT. Agung Automall Cabang Sutomo Pekanbaru). JOM FISIP Vol. 4, No. 2

Hidayatullah Syarif, (2013). Hubungan Citra Merek dengan Loyalitas Pelanggan IM3 dikalangan Mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kajian Pustaka, (2013). “Pengertian, Faktor dan Pengukuran Kepuasan Konsumenâ€, diakses tanggal 02 April 2021 dari https://www.kajianpustaka.com/2013/04/pengertian-faktor-pengukuran-kepuasan-konsumen.html

Kunto Yohanes Sondang dan Riswanto Budiono Jimanto, (2014). Pengaruh Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Customer Satisfication sebagai variabel Intervening Pada Ritel Bioskop The Premiere Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1.

Mutmainah R. Asrini, 2014). Pengaruh Rebranding terhadap Brand Equity Bank BJB (Studi kasus Penilaian nasabah terhadap Bank BJB Cabang Bojong Bandung). Jurnal Adminitrasi Bisnis.

Nursyafitri, Gifa Delyani, (2021). “Data Sekunder adalah : Kenali Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Data Sekunderâ€, diakses tanggal 11 Juni 2021 dari https://www.dqlab.id/data-sekunder-adalah-kenali-pengertian-kelebihan-dan-kekurangan-data-sekunder/

Susanto Hermawan et.al. (2018). Pengaruh Service Quality terhadap Customer Loyalty melalui kepuasan sebagai variabel intervening (studi kasus pada anggota simpan pinjam KUD Pakis Malang). E- Jurnal Riset Manajemen Unversitas Islam Malang

Tentang Campina, Website Perusahaan, (2021). “ Sejarah Perusahanâ€, diakses tanggal 2 Juni 2021 dari https://www.campina.co.id/id/tentang-campina/

Tores Ropal, (2020). Pengaruh Brand Equity terhadap loyalitas pelanggan membeli teh gelas di Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Ekonomika Vol. XI, No. 1

Verianna Rusdyana Intan dan Anshori Mohamad Yusak, (2017). Pengaruh Kualitas Layanan (Service Quality) terhadap loyalitas melalui kepuasan pada mahasiswa Universitas NU Surabaya. Accounting and Management Journal Vol. 1, No. 1.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Busra, W. ., & Dahmiri, D. (2022). PENGARUH BRAND EQUITY DAN SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI PADA RETAIL PT CAMPINA ICE CREAM INDUSTRY Tbk - JAMBI. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(2), 464-476. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i2.17959

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>