MODEL KEWIRAUSAHAAN SOSIAL ISLAM PADA KOMUNITAS PENGUSAHA MUSLIM DI KOTA JAMBI

Authors

  • Sigit Indrawijaya Universitas Jambi
  • Nurida Isnaeni

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v9i03.17595

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyusun model kewirausahaan sosial islam pada komunitas pengusaha muslim di Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Sequential Exploratory research, Metode analisis menggunakan rentang skor dengan menggunakan Microsoft Excell 2017, dan SWOT analisis.Hasil dari penelitian ini menjadi suatu model yang dapat diterapkan untuk penguatan kapasitas komunitas pengusaha muslim di Kota Jambi. Model kewirausahaan sosial islam akan menjadi salah satu panduan bagi pengusaha muslim di Kota Jambi untuk dapat semakin berkembang. Model ini bertujuan mengakomodir pengembangan pengusaha muslim yang tergabung dalam komunitas di Kota Jambi. Analisis data menunjukkan adanya keinginan kuat pengusaha musim untuk dapat bersatu dalam suatu wadah organisasi. Sosialisasi dengan mengimplementasikan model Kewirausahaan sosial islam akan dapat memperkuat pengusaha muslim untuk turut bergabung dalam komunitas pengusaha muslim khususnya di Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur`anul Karim, Terjemahan Depag

Akhmad Nur Zaroni, 2007. “Bisnis dalam Perspektif Islamâ€, Jurnal Ekonomi, Mazahib Vol. IV, No. 2, 2007), 5

Ancok, jamaluddin & Nashori. Fuat 1995. Psikologi Islami. Yogyakarta Pustaka Pelajar Antoni. 2014. Muslim Entrepreneurship: Membangun Muslim Peneurs Characteristics

Dengan Pendekatan Knowladge Based Economy. El-Hikam: Jurnal Pendidikan Dan

Kajian Keislaman. Volume VII, Nomor 2, Juli – Desember 2014 Biro Pusat Statistik (2017). Statistik Indonesia 2017.

Casson Mark, Enterpreneurship. Jakarta Rajawali Pers 2012

E. Shaw, (2011) Toward A Theory of Entrepreneurship : The Significance and Meaning of Performance and the Emotion Management of Entrepreneurs A Thesis submitted for the Degree of Doctor of Philosophy By Elizabeth Shaw Brunel School of Business and Management Brunel Unive. Brunel University.

Fitria Anis, 2017. Social Entrepreneurship Dalam Perspektif Maqashid Al- Syariah. Jurnal Iqtisad. Vol 4, No 1 (2017). DOI: http://dx.doi.org/10.31942/iq.v4i1.2002

Fiqih Santoso (2008). Concept and Method for Community Empowerment Indonesia,http://appreciativeorganization.wordpress.com/2007/08/08, didownload 8

April 2018

J. Almarri, J. Meewella, T. Mainela, Social Entrepreneurship and Islamic Philanthropy. International conference on Excellence in Business. Shariah United Arab Emirates (2012)

Johnson, S. (2000), “Literature review on social entrepreneurshipâ€, available at:www.bus.ualberta.ca/ccse/Publications/Publications/Lit._Review_SE_November_2 0 00.rtf (accessed February 20, 2011).

Laverack Glenn, Davison Munodawafa, Surinder Aggrawal, Mirai Chatterjee, 2009. Community Empowerment with Case Studies from the South-East Asia Region. This paper was prepared as a working document for discussion at the 7th Global Conference on Health Promotion, "Promoting Health and Development: Closing the Implementation Gap", Nairobi, Kenya, 26-30 October 2009.

Mohd Adib Abd Muin, Shuhairimi Abdullah, Muhammad Fakhirin Che Majid, (2014). Pengurusan Keusahawanan Sosial Islam: Model Amalan Usahawan Berjaya Dalam Amalan Nilai-Nilai Murni. Prosiding: Seminar Penyelidikan Kebangsaan 2014

Muhamad Rudi Yoko Efendi. 2017. Analisis Nilai-Nilai Kewirausahaan Dalam Program Pembelajaran Al-Islam Di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam/Vol. 6, No. 2, 2017

Nurfaqih. Muhammad Isnan & Fahmi. Rizqi Anfanni. 2018. Social Entrepreneurship (Kewirausahaan Sosial) dalam Perspektif Ekonomi Islam. Working Paper Keuangan Publik Islam No. 8 Seri 1 Tahun 2018

Parwez Sazzad, 2017, Community-based entrepreneurship: evidences from a retail case study. Journal of Innovation and Entrepreneurship (2017) 6:14 DOI 10.1186/s13731- 017-0074-z

Palesangi, M. (2012). Pemuda Indonesia dan kewirausahaan sosial. Prosiding Seminas Competitive Advantage , 1

Robinson, J.A., Mair, J. and Hockerts, K., (Eds) (2009), International Perspectives of Social Entrepreneurship, Palgrave, London.

Saifuddin Abdullah. (2012, 6 Ogos). “Keusahawanan Sosial Basmi Kemiskinanâ€. Akhbar Sinar Harian.

Sekaran, U. Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. John Wiley & Sons. Inc. 2003.

Sekaran. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Santosa, S. (2007). Peran Socio Entreprenurship dalam Pembangunan. In Membangun Sinergisitas Bangsa Menuju Indonesia yang Inovatif, Inventif dan Kompetitif. Malang.

Sofia, I. P. (2015). Konstruksi Model Kewirausahaan Sosial(Social Entrepreneurship)sebagai gagasan inovasi sosial bagi pembangunan perekonomian. Jurnal Universitas Pembangunan Jaya, 2, 2–23.

Suherman Eman. 2010. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Yuliana Rita, 2010. Model Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Pengembang Ekonomi Lokal Melalui Sistem Kemitraan Bisnis Islam Berbasis Mompreneur. Pamator, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2010

Yusanto, Muhammad Ismail & Widjajakusuma, Muhammad Karebet, Menggagas Bisnis Islami, (Jakarta: Gema Insani Press, 2002), 33

Downloads

Published

2020-12-15

How to Cite

Indrawijaya, S., & Isnaeni, N. (2020). MODEL KEWIRAUSAHAAN SOSIAL ISLAM PADA KOMUNITAS PENGUSAHA MUSLIM DI KOTA JAMBI. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 9(03), 215-226. https://doi.org/10.22437/jmk.v9i03.17595

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>