MODEL PENGEMBANGAN USAHA EKONOMI KREATIF KULINER UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v7i3.5846Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis model pengembangan usaha ekonomi kreatif kuliner untuk meningkatkan daya saing di Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Sequential Exploratory  research, Metode analisis menggunakan rentang skor  dengan menggunakan Microsoft Excell 2017f, dan SWOT analisis.Hasil dari penelitian menemukan bahwa pengembangan usahaekonomi kreatif kuliner berada dalam kategori cukup baik namun belum memilki kreativitas dalam mebuat inovasi, permasalahan yang dihadapi adalah masalah kemampuan industri, pembiayaan, infrastruktur dan tehnologi dan kelembagaan. Untuk pemasaran pangsa pasar cukup bagus. Posisi usaha ekonomi kreatif kuliner berada  pada strategi progresif, yaitu mempergunakan kekuatan dengan maksimal untuk meraih peluang. Hubungan yang tercipta antara Academic, Business, Community, Government, dan Media, atau dikenal sebagai ABCGM yang disebut sebagai penta helix sebagai pelaku terwujudnya industri kreatif berada pada kondisi kurang baik, dimana rata-rata capaian kinerja dari kolaborasi  tersebut masih rendah.Â
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Sigit Indrawijaya, Rista Aldilla Syafri, Nurida Isnaeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.