RELATIONSHIP MARKETING DAN CROSS SELLING TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA PT. ASURANSI UMUM VIDEI KANTOR PEMASARAN JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v10i02.12631Keywords:
Kinerja Pemasaran, Relationship Marketing dan Cross SellingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Relationship Marketing dan Cross Selling terhadap Kinerja Pemasaran pada PT. Asuransi Umum Videi Kantor Pemasaran Jambi. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 90 orang pelanggan atau nasabah PT. Asuransi Umum Videi Kantor Pemasaran Jambi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner. Berdasarkan analisis data, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh Relationship Marketing terhadap Kinerja Pemasaran pada PT. Asuransi Umum Videi Kantor Pemasaran Jambi. Terdapat pengaruh Cross Selling terhadap Kinerja Pemasaran pada PT. Asuransi Umum Videi Kantor Pemasaran Jambi. Terdapat pengaruh Relationship Marketing dan Cross Selling secara simultan terhadap Kinerja Pemasaran pada PT. Asuransi Umum Videi Kantor Pemasaran Jambi.
Downloads
References
A. Usmara (2003) Strategi Baru Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Amara Books.
Adisaputro, G. (2010) Manajemen pemasaran analisis untuk peracangan strategi pemasaran. Yogyakarta.
Agrawal, R dan Srikant, R. (1994) ‘Fast algorithms for mining association rules in large databases.’, in The 20th International Conference on Very Large Data Bases (VLDB). Santiago, pp. 487–499.
Berry, M.J dan Linoff, G. . (2004) Data Mining Techniques: For Marketing, Sales, and Customer Relationship Management 2nd Edition. Jhon Wiley and Sons.
Budiardjo, E.K dan Tama, B. (2009) ‘Cross-Selling’s Product Determination in the Context of Analytical CRM Based on Association Rules’, in International Conference on Rural Information and Communication Technology. Bandung: ITB, pp. 53–55.
Cahill, D. . (1996) Internal Marketing Your Company’s Next Stage of Growth. Inc: The Haworth Press.
Chan, S. (2003) Relationship Marketing : Inovasi Pemasaran Yang Membuat Pelanggan Bertekuk Lutut. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Chasin, J. R. (2003) Implementation of A Cross-Selling Strategy for A Large Midwestern Healthcare Equipment Company (Ph.D Dissertation). Southern Illinois University at Carbandole: Department of Psychology.
Chiu, S dan Tavella, D. (2008) Data Mining and Market Intelligence for Optimal Marketing Returns. A. Butterw. Heinemann.
Clark, B. . (2001) ‘Marketing Performance Measurement: Evolution of Research and Practice’, International Journal of Business Performance Managemen, 3(1), pp. 231–244.
Fathoni (2019) ‘Perancangan Aplikasi Penjualan Pengrajin Songket Palembang Dengan Penerapan Strategi Cross Selling dan Up Selling Berbasis Online’, Jurnal Sistemasi, 8(1), pp. 161–168.
Ferdinand, A. (2000) Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ferdinand T., A. (2000) Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategik. Edited by Research Paper Series. Semarang: Program MM UNDIP.
Hasan, A. (2017) ‘Power Relationship Marketing Dalam Bisnis’, Jurnal Media Wisata, 15(1).
Indah dan Devie (2013) ‘Analisa Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Perusahaan’, Jurnal Business Accounting Review, 1(2), pp. 50–60.
Istanto, Y. (2010) ‘Pengaruh Strategi Keunggulan Bersaing Dan Positioning Terhadap Kinerja (Survey Pada Koperasi Serba Usaha Di Kabupaten Sleman Yogyakarta)’, Jurnal Buletin Ekonomi, 8(2), pp. 70–170.
Keegan, Warren J, Sandra Moriarty, T. D. (1995) Marketing. New jersey: Prentice Hal.
Kotler dan Amstrong (2012) Prinsip-prinsip Pemasaran. Globa Edit. Bandung: Erlangga.
Kotler dan Keller (2012) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller (2016) Marketing Managemen. Edited by 15th Edition. Inc: Pearson Education.
Lovelock, et al (2011) Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 da. Jakarta: Erlangga.
Mittal, Vikas dan Kamakura, W. A. (2001) ‘Satisfaction, Repurchase Intent, and Repurchase Behavior: Investigating the Moderating Effect of Customer Characteristics’, Journal of Marketing Research, 38(1).
Morgan dan Shelby (2002) ‘Marketing, The Commitment-Trust Theory of Relationship’, Journal of Marketing, 58, pp. 20–38.
N. Gao (2010) ‘Transparency, Price Informativeness, Stock Return Synchronicity: Theory and Evidence’, Journal of Financial and Quantitative Analysis, 45(5), pp. 1189–1220.
Olson dan Shi (2008) Pengantar Ilmu Panggilan Data Bisnis. Jakarta: Mc GrawHill.
Palmatier, W. R. (2008) ‘Relationship Marketing’, Journal Marketing Science Institute.
Ratnawati, A. (2013) ‘Peningkatan Kinerja Pemasaran Melalui Optimalisasi Keunggulan Bersaing’, Jurnal Ekobis, 14(2), pp. 72–89.
Rundengan, M. G. (2019) ‘Pengaruh Bauran Promosi, Sales Cycle, Keunggulan Bersaing, Relationship Merketing, Cross Selling, Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Asuransi Jiwa Pada PT.Asuransi Jiwa Brilife Kantor Wilayah Manado’, Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 7(1–16).
Rust et al (2004) SerQual : New Direction Theory and Practice. USA: Sage Publication.
Safesiyani, A. (2015) ‘Pengaruh Relationship Marketing terhadap Kepuasan Nasabah serta Dampaknya pada Loyalitas Nasabah’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(2), pp. 1–8.
Saladin, D. (2016) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta Bandung.
Saputra dan Ariningsih (2014) ‘Masa Depan Penerapan Strategi Relationship. Marketing pada Industri Jasa Perbankan’, Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(1).
Sheth dan Sisodia (2000) ‘The Antecedents and Consequences of Customer -Centric Marketing’, Journal of The Academy of Marketing Science, 28(1), pp. 55–66.
Sivesan, S. (2012) ‘Impact of Relationship Marketing on Customer Loyalty on Banking Sectors’, Journals of South Academic Research, 2(3), pp. 179–191.
Slater dan Narver (1994) ‘Does competitive environment moderate the market orientation-performance relationship’, Journal of Marketing, 8, pp. 46–55.
Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Tang, Z. dan MacLennan, J. (2005) Data Mining with SQL Server 2005. Indianapolis: Jhon Wiley and Sons.
Titahena, DA. Syukur, A. Utomo, D. (2012) ‘Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Intervening Keunggulan Bersaing’, Jurnal Manajemen Universitas Dian Nuswantoro.
Walker dan Stanton (2004) Marketing. 12th edn. New York, USA: McGraw-Hill Irwin.
Wibowo, S. (2006) ‘Relationship Marketing Inputs Terhadap Customer Loyalty Pada Industry Hospitality’, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 3(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Apris, Dahmiri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.