Analisis Inovasi Media Gambar Pada Materi Keanekaragaman Hayati Menggunakan Aplikasi Inaturalist

(Image Media Innovation Analysis On Biodiversity Materials Using Inaturalist Applications)

Authors

  • Annisa Latifah Nur'aeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ratih Nur Sholihah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Riandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ari Widodo Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19115

Abstract

Learning media is a tool used in the learning process to convey messages, ideas or ideas in the form of teaching materials to students by the teacher. One of the media that can be used for biodiversity material is image media. However, image media still has shortcomings in the learning process, therefore researchers study image media with the help of naturalist applications. The method used in this research is the method of literature review or literature review. Study of literature obtained from various sources, both journals, books, documentation, internet and libraries. The results show that innovation using inaturalist media can be applied by teachers in biodiversity learning because it makes it easier for teachers in the learning process, and can improve digital student literacy.

Key words: Learning media,  Naturalist apps

 

ABSTRAK

Media pembelajaran adalah alat yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menyampaikan pesan, ide atau gagasan berupa bahan ajar kepada siswa oleh guru. Salah satu media yang dapat digunakan pada materi keanekaragaman hayati adalah media gambar. Namun media gambar masih memiliki kekurangan dalam proses pembelajaran maka dari itu peneliti berinovasi media gambar dengan bantuan aplikasi inaturalis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kepustakaan atau literatur review. Studi literature didapat dari berbagai sumber baik jurnal, buku, dokumentasi, internet dan pustaka Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi gambar menggunakan media inaturalist dapat diaplikasikan oleh guru pada pembelajaran keanekaragaman hayati karena dapat memudahkan guru dalam proses pembelajaran, dan dapat meningkatkan literasi digital siswa. 

Kata kunci: Media pembelajaran, Aplikasi inaturalist

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amna Emda, 2011. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah. Banda Aceh, vol. 12 no. 1

Angkowo, R. Dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran.PT. Grasindo:Jakarta.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran. 2002. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Azhar, Arsyad. 2009. Media Pembelajaran . Jakarta: Raja Grafindo Persada Rineka Cipta

Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(1), 149. https://doi.org/10.22373/jid.v12i1.444

Erastus J. Wamalwa dan Eric Wamalwa, “Towards the Utilization of Instructional Media for Effective Teaching in Learning English,†Kenya, vol. 5 no. 31 (2014), h. 141.

Khanifah, S., Pukan, K. K., Sukaesih, S., & Biologi, J. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology EducationJ.Biol.Educ. Unnes Journal of Biology Education, 1(11), 66–73. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe

Marom, N. (2018). Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kepadatan Populasi Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Gempol Kabupaten Pasuruan. Jurnal Pembelajaran Sains, 2(1), 26–31.

Mustafa Altun, 2015. The Use Drawing in Language Teaching and Learning. Erbil-Irak, vol. 5 no. 4 h. 92.

Sapto Haryoko. 2009. “Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran,†Makassar, vol. 5 no. 1

Sahebzadeh, B., Kikha, A., Afshari, Z., & Kharadmand, Z. (2013). Effect of Environmental Factors for Teaching of Science on Academic Achievement and Interest of Students and on Their Teachers ’ Job Statisfaction. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(April), 75–88

Sri Khanifah, dkk. 2017. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Semarang, vol. 1 no. 1

Waskito, A. A. 2007. Kamus Praktis Bahasa Indonesia untuk SD, SMP, SMA, Mahasiswa, dan Umum. Jakarta: Penerbit Wahyumedia.

Wamalwa, E. J., & Wamalwa, W. (2014). Towards the Utilization of Instructional Media for Effective Teaching and Learning of English in Kenya. Journal of Education and Practice, 5(31), 2222.

Zega, N. A. (2020). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Warta Dharmawangsa, 14(3), 522–528. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i3.833

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Nur’aeni, A. L. ., Sholihah, R. N. ., Riandi, R., & Widodo, A. . (2022). Analisis Inovasi Media Gambar Pada Materi Keanekaragaman Hayati Menggunakan Aplikasi Inaturalist: (Image Media Innovation Analysis On Biodiversity Materials Using Inaturalist Applications) . BIODIK, 8(4), 133-138. https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19115

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>