Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi: Metode Penugasan Mind Mapping Menggunakan MindMeister pada Materi Pencemaran Lingkungan

(Information Technology-Based Learning Innovation: Mind Mapping Assignment Method Using Mindmeister On Environmental Pollution Material)

Authors

  • Nor Hidayati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Zevira Fransisca Aurora Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bambang Supriatno Universitas Pendidikan Indonesia
  • Riandi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18982

Abstract

This research aims to innovate learning through information technology, especially related to the development of assignment methods by creating mind maps using the Mindmeister application. The research method used is the literature study method on the results of previous research. The data collection in this research is by browsing books and journals in several print and electronic media such as books, journal collections, libraries and the internet. The results showed that the innovation of mind mapping assignment method with MindMeister can be done as one of the innovative methods in learning activities.

Key words: Assignment Method, Mind Mapping, MindMeister Application, Environmental Pollution Material

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan inovasi pembelajaran melalui teknologi informasi, terutama terkait dengan pengembangan metode penugasan berbantuan aplikasi pembuat mind ma Mindmeister. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literatur (dokumen) atas hasil penelitian sebelumnya. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menelusuri buku-buku dan jurnal-jurnal pada beberapa media cetak maupun elektronik seperti buku, koleksi jurnal, perpustakaan dan internet. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi metode penugasan mind mapping dengan Mindmeister pada dapat dilakukan sebagai salah satu inovasi metode dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: Metode Penugasan, Mind Mapping, Aplikasi MindMeister, Materi   Pencemaran Lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

AS, Werkanis, dkk. (2005). Strategi Mengajar. Riau: Sutra Benta Perkasa

Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Caverly, D. C. (2013). Techtalk: Mobile learning and literacy development. Journal of Developmental Education, 37(1).

Cresswell, J. W. (2013). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Third Edition, Terjemah Achmad Fawaid, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Fauziah, D. (2017). Penerapan Model Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Pemahaman Siswa Pada Materi Sejarah Kerajaan Isam di Indonesia. Mimbar Sekolah Dasar, Vol. 4, No 2. Ejournal Upi Bandung

Hasanah, N. N., Supeno, & Wahyuni, S. (2015). Kekuatan retensi siswa SMA kelas X dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan momentum dan impuls menggunakan lembar kerja siswa berbasis mind mapping. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, 2(1), 25–32.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Kurniasih, Imas dan Berlin. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Riswanto, Heri., Dasmo. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dengan Metode Pembelajaran Mind Map. Jurnal Formatif 5(2): 100-106, 2015

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. CV. Alfabeta.

Prawiradilaga, D. S. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Jakarta: Prenadamedia Group

Rianita, R., & Juliani, R. (2017). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan mind map untuk hasil belajar fisika siswa di SMA Negeri 3 Binjai. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 5(4), 51–56. https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i4.9221

Roestiyah, N.K. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tucker, J. M., Armstrong, G. R., & Massad, V. J. (2010). Profiling a Mind Map User: A Descriptive Appraisal. Journal of Instructional Pedagogies, 2.

Windura, S. (2013). 1st Mind Map Untuk Siswa, Guru, dan Orang Tua. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2022-09-22

How to Cite

Nor Hidayati, Aurora, Z. F. ., Supriatno, B. ., & Riandi, R. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi: Metode Penugasan Mind Mapping Menggunakan MindMeister pada Materi Pencemaran Lingkungan: (Information Technology-Based Learning Innovation: Mind Mapping Assignment Method Using Mindmeister On Environmental Pollution Material). BIODIK, 8(3), 125 - 130. https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18982

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>