Analisis Kesesuaian Lembar Kerja Menggunakan Metode Ancor pada Praktikum Plasmolisis pada Sel Tumbuhan

(The Comformity Analysis of Worksheets using an Ancor Method in The Practical Work of Plasmolysis Observation in Plant Cells)

Authors

  • Intania Zainal Nurul Huda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bambang Supriatno

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9438

Abstract

Biology as science is not detached from the demands to help students gain an understanding as much as possible of scientific knowledge in accordance with their needs and also able to develop students ' understanding of the methods that knowledge is acquired. One of the many methods used in biological learning is the practical work. To learn using the practical work is not separated from the needs of worksheets that fit the purpose of learning. Some worksheets that teachers use sometimes do not comply with what should be, according to the prevailing curriculum demands. Therefore, this research aims to analyse the conformity of worksheets by using Analysis, Trial and Reconstruction (ANCOR) methods. The study was conducted by taking six worksheets that selected according to the worksheet which is commonly used in practical activity of plasmolysis observation in plant cells. This research is included in qualitative descriptive. The instrument used is an analysis of the conformity of worksheets that was conducted from the research carried out by Wahidah, et.al. (2018) and also analyses using a Vee diagram rubric adapted from research conducted by Supriatno (2013). The results of the study found that the worksheets used in the practice of Plasmolysis observation is still less appropriate to be used as a good for practical activities both conceptually, practical, and knowledge reconstruction and still in low conformity based on the analysis of the Vee diagram.

Abstrak. Biologi sebagai ilmu sains menuntut pemahaman tentang pengetahuan ilmiah yang sesuai dengan kebutuhan dan mampu mengembangkan pemahaman metode atau cara pengetahuan itu diperoleh. Salah satu metode yang digunakan pada pembelajaran biologi adalah metode praktikum. Pembelajaran menggunakan metode praktikum tidak terlepas dari adanya kebutuhan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang sesuai, namun LKPD yang digunakan guru terkadang tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian pada LKPD yang digunakan dengan menggunakan metode Analisis, uji Coba dan Rekontruksi (ANCOR). Penelitian dilakukan dengan mengambil enam LKPD yang dipilih berdasarkan LKPD yang biasa digunakan dalam kegiatan praktikum pengamatan plasmolisis pada sel tumbuhan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif karena besifat menggambarkan hasil dari penelitian. Instrumen yang digunakan berupa analisis kesesuaian LKPD yang diadptasi dari penelitian yang dilakukan oleh Wahidah, et.al. (2018) dan juga analisis menggunakan rubrik diagram vee yang diadaptasi dari penelitian yang dilakukan oleh Supriatno (2013). Hasil penelitian ditemukan bahwa LKPD yang digunakan pada praktikum pengamatan plasmolisis masih kurang sesuai untuk dijadikan LKPD yang baik dan masih berada pada kualitas yang rendah berdasarkan analisis dari diagram vee.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afsari. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta DIDIK Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pokok Bahasan Sel Kelas XI IPA SMA NEGERI 16 Makassar. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin: Tidak diterbitkan.

Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Emda, Amna. (2014). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 2(2). 218-229. https://doi.org/10.22373/lj.v2i2.1409

Hasni, Abdelkrim. (2016). The Teaching and Learning of Diffusion and Osmosis: What Can We Learn from Analysis of Classroom Practices? A Case Study. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology, 12(6). 1507-1531. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1242a

Hartono, Z., dan Ibrahim, R. (2014). Pengembangan Buku Panduan Praktikum Kimia Hidrokarbon Berbasis Keterampilan Proses Sains di SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(4). 87-93. https://doi.org/10.36706/jppk.v1i1.2228

Huzaifah, Siti, et.al. (2017). Penerapan Diagram Vee untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Prosiding Semianr Nasional Pendidikan IPA 2017. 610-620. http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/724

Katriani, Laila. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Pelatihan Pembuatan Perencanaan Pembealajaran IPA. Universitas Negeri Yogyakarta: Tidak diterbitkan

Lang, Ingeborg, et.al. (2014). Plasmolysis: Loss of Turgor and Beyond. Plants,3. 583-593. https://doi.org/10.3390/plants3040583

Millar, R. (2004). The Role of Practical Work in The Teaching and Learning of Science. Washington DC. National Academy of Sciences

Mentari, setiawati., et. al. (2017). Efektifitas Praktikum Berbasis Guided Inquiry Diintegrasikan dengan Video Transfer Membran Terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Buology Education, 6(1). 45-55. https://doi.org/10.15294/jbe.v6i1.14055

Novak. J.D.& Gowin D.B. (1984). Learning how to learn.USA: Cambridge University Press.

Oztas, Fulya. (2013). How do High Scgool Students Know Diffusion and Osmosis? High School Students’ Difficulties in Understanding Diffusion & Osmosis. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 116. 3678-3682. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.822

Rahmatilla, el.al. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap AKtivitas Pada Materi Koloid. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 1(2). 121-130. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9686

Sari, Yeni Pita, et.al. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bedasarkan Studi Pengaruh Osmosis Terhadap Warna Mata. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2). 16-21.

https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.16-21

Sudarsiman, Suciati. (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea, 2(1). 29-35. http://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Supriatno, B. (2009). Uji Langkah Kerja Laboratorium Sekolah. Proseding Seminar Nasional Biologi: Inovasi dan Pendidikan Biologi dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 255-261.

Supriatno, B. (2013). Pengembangan Program Perkuliahan Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah Berbasis ANCORB untuk Mengembangkan Kemampuan Merancang dan Mengembangkan Desain Kegiatan Laboratorium. Disertasi Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan

Sujarweni. V. Wiratna. 2012. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahidah, Nur Sopiah, et.al. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Indonesia Journal of Biology Education, 1(2). 70-76. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13050

Widjajanti, E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan FMIPA: Universitas Negeri Yogyakarta.

Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD Pada Pendeketan Scientific Pembelajaran Matematika. Tesis FMIPA Universitas Lampung: Tidak diterbitkan.

Downloads

Published

— Updated on 2020-12-19

How to Cite

Zainal Nurul Huda, I., Sri Anggraeni, & Bambang Supriatno. (2020). Analisis Kesesuaian Lembar Kerja Menggunakan Metode Ancor pada Praktikum Plasmolisis pada Sel Tumbuhan: (The Comformity Analysis of Worksheets using an Ancor Method in The Practical Work of Plasmolysis Observation in Plant Cells). BIODIK, 6(4), 550-561. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9438

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>