Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi: Model Learning Cycle 5E Menggunakan Gather Town pada Materi Protista

(Information Technology-Based Learning Innovation: 5E Learning Cycle Model using Gather Town on Protista Material)

Authors

  • Rifda Tanfiziyah Univeritas Pendidikan Indonesia
  • Minnathul Khasanah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Riandi Riandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bambang Supriatno Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13096

Abstract

This study aims to innovate learning through information technology, especially related to the development of learning models through applications or video conferencing. The research method used is a qualitative method with a study of literature (documents) on the results of previous research. The data collection in this study by browsing books and journals in several print and electronic media such as books, journal collections, libraries and the internet. The results showed that the innovation of the 5E learning cycle learning model using gathering towns can be done in learning as a support for student motivation and teacher convenience in improving learning.

Abstrak.

Abad 21 dicirikan dengan berkembangnya informasi secara digital. Pembelajaran di abad 21 harus dapat mempersiapkan generasi manusia menyongsong kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan inovasi pembelajaran melalui teknologi informasi, terutama terkait dengan pengembangan model pembelajaran melalui aplikasi platform atau video conference. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literatur (dokumen) atas hasil penelitian sebelumnya. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menelusuri buku-buku dan jurnal-jurnal pada beberapa media cetak maupun elektronik seperti buku, koleksi jurnal, perpustakaan dan internet. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi model pembelajaran learning cycle 5E menggunakan gather town dapat dilakukan dalam pembelajaran sebagai penunjang untuk meningkatkan motivasi siswa dan mempermudah guru dalam mengkoordinasikan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adilah, D. N., & Budiharti, R. (2015). Model Learning Cycle 7E Dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6, 6, 212–217.

Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28

Aina, & Kola, J. (2013). Effective Teaching and Learning in Science Education through Information and Communication Technology [ICT]. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 2(5), 43–47. https://doi.org/10.9790/7388-0254347

Ajayi, I. A., & Ojo, F. . (2010). Information and communication technology: a catalyst for democratized system of government. South- West Journal of Teacher Education, 3.

Awolaju, B. A., Akinloye, O. O., & Ilorin, O. . (2010). Science education in democratized Nigeria: challenges and the way forward. South- West Journal of Teacher Education, 3, 615–622.

Boleng, D. T. (2014). Fenomena Penggunaan Pembelajaran Konvensional oleh Guru-Guru Biologi SMA Samarinda pada Kelas dengan Siswa Multietnis. Prosiding Seminar Nasional Biologi / IPA Dan Pembelajarannya, 141 – 148. https://doi.org/ISBN : 978-602-72185-0-5

Cresswell, J. W. (2013). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches third Edition, Terjemah Achmad Fawaid, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Fitrhiyah, E. A. (2017). Pengaruh Metode Ceramah dan Tanyajawab Terhadap Prestasi Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN Paromahan Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik. Jendela Pendidikan, 6(2), 167–180.

Hanuscin, D. L., & Lee, M. H. (2008). Using the learning cycle as a model for teaching the learning cycle to preservice elementary teachers. Journal of Elementary Science Education, 20(2), 51–66. https://doi.org/10.1007/bf03173670

Hyder, K. (2007). The ELearning Guild’s Handbook on Synchronous E-Learning. The E-Learning Guild. https://www.elearningguild.com/pdf/4/s%0Aynchronousbook.pdf

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342

Minhas, S., Hussain, T., Ghani, A., & Sajid, K. (2021). Exploring Students Online Learning: a Study of Zoom Application. Gazi University Journal of Science, 34(2), 171–178. https://doi.org/10.35378/gujs.691705

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Mubarak, M. R., Sulistyorini, S., & Nurulita, A. (2020). Zoom Cloud Meeting: Media Alternatif dalam Pembelajaran Maharah Kalam di Tengah Wabah Virus Corona (Covid-19). Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 221–223.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.

Olugbenga, O. V., & Adebayo, O. . (2010). Enforcing ICT knowledge on students as a means of enhancing academic performance in a democratized society: counselling and management perspective. South- West Journal of Teacher Education, 3, 376–400.

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439–443.

Setiawan, B., Alpusari, M., & Syahrilfuddin. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (LC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IVc SD Negeri 169 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan, Lc, 1–13.

Suprihatinigsih, A., Rachman, M., & Suhandini, P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Sosiologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar Terhadap Ketrampilan Memecahkan Masalah Siswa-Siswa SMA N 1 Mranggen. Journal of Educational Social Studies, 1(2), 11–23.

Yulaikah, S., A, D., & A., R. (2015). Integrasi Scientific Inquiry dengan Kompetensi Profesional Guru Biologi pada Pembelajaran Biologi Abad Ke-21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 21 Maret 2015., Malang(Universitas Muhamadiyah Malang).

Yulianti, Y. (2020). PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 1–9. https://doi.org/10.1145/3452144.3452248

Downloads

Published

2021-09-01 — Updated on 2021-09-01

Versions

How to Cite

Tanfiziyah, R. ., Khasanah, M., Riandi, R., & Supriatno, B. (2021). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi: Model Learning Cycle 5E Menggunakan Gather Town pada Materi Protista: (Information Technology-Based Learning Innovation: 5E Learning Cycle Model using Gather Town on Protista Material). BIODIK, 7(3), 1-10. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13096

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>