Inovasi Pembelajaran Metode Konvensional dikombinasikan dengan Metode PBL
(Learning Innovation of Conventional Methods Combenated With PBL Method)
DOI:
https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13020Abstract
This article was to find out the innovation of students by using combination of Conventional Method and PBL Method. Based on the result of Classroom Action Research found that there was a differences between pre-test, post-test whether Cycle I or Cycle II. Based on the result, the writer concluded that the result of this research was the result of post-test in Cycle I was lower than post-test in Cycle II with the combination of Conventional Method and PBL Method.
Abstrak. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui inovasi siswa dengan menggunakan kombinasi Metode Konvensional dan Metode PBL. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas ditemukan bahwa ada perbedaan antara pre-test, post-test apakah Siklus I atau Siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, penulis menyimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini adalah hasil posttest siklus I lebih rendah dari posttest siklus II kombinasi metode konvensional dan metode PBL.
Downloads
References
Arikunto, S. 2008. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: BumiAksara
Djamarah, S.B., dan Zain, A., (2002). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Hapsari, D. P., Suciati Sudarisman, & Marjono. (2012). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Diagram V (Vee) Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Biologi, 4(3), 16–28.
Meilasari, S., M, D., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.15294/JPE.V6I1.14511
Palenewen, E., & Hardoko, A. (2018). Analisis Kebutuhan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) dan Permasalahan Terkait Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 2 Bongan. Jurnal Biodik, 4(1), 48–59.
Prima, E. C., & Kaniawati, I. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Elastisitas Pada Siswa Sma. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 16(1), 179. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.279
Purba, T. H., Sipayung, M., & Lumbangaol, A. (2016). Inovasi Pembelejaran Metode Konvensional Dikombinasikan dengan Strategi Peta Konsep (Consept Mapping) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada Sub Materi Sistem Indera Manusia di Kelas XI IPA 3. Jurnal Biodik, II(2), 73–85.
Putra, A. G. P., Bektiarso, S., & Handayani, R. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma (Kelas X Sma Negeri 3 Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 129–134.
Suliyati, S., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan model PBL menggunakan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar peserta didik. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 3(1). https://doi.org/http://doi.org/10.22216/jcc.2018.v3i1.2100
Supiandi, M., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. JPS (Jurnal Pendidikan Sains), 4(2), 60–64.
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi dalam Pelajaran Biologi DALAM MATERI BIOLOGI. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 49–57.
Tropika, J. E., & Khusus, E. (2013). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Biologi Edukasi, 5(2), 54–59.
Utami, R. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Langkah Penyelesaian Berdasarkan Polya dan Krulik-Rudnick Ditinjau dari Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 82–98.
Ware, K., & Rohaeti, E. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Sma. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 3(1), 42–51. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2219
Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi model PBL dan model GDL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 1–10. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1336
Downloads
Published
Versions
- 2021-09-26 (2)
- 2021-09-26 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rahmawati, Ghaida Sekarlita Fadha Supriadi, Riandi, Bambang Supriatno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).