Inovasi Pembelajaran Metode Konvensional dikombinasikan dengan Metode PBL

(Learning Innovation of Conventional Methods Combenated With PBL Method)

Authors

  • Rahmawati Rahmawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ghaida Sekarlita Fadha Supriadi
  • Purnamaulida Pratiwi
  • Riandi Riandi
  • Bambang Supriatno

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13020

Abstract

This article was to find out the innovation of students by using combination of Conventional Method and PBL Method. Based on the result of Classroom Action Research found that there was a differences between pre-test, post-test whether Cycle I or Cycle II. Based on the result, the writer concluded that the result of this research was the result of post-test in Cycle I was lower than post-test in Cycle II with the combination of Conventional Method and PBL Method.

Abstrak. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui inovasi siswa dengan menggunakan kombinasi Metode Konvensional dan Metode PBL. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas ditemukan bahwa ada perbedaan antara pre-test, post-test apakah Siklus I atau Siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, penulis menyimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini adalah hasil posttest siklus I lebih rendah dari posttest siklus II kombinasi metode konvensional dan metode PBL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2008. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: BumiAksara

Djamarah, S.B., dan Zain, A., (2002). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Hapsari, D. P., Suciati Sudarisman, & Marjono. (2012). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Diagram V (Vee) Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Biologi, 4(3), 16–28.

Meilasari, S., M, D., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.15294/JPE.V6I1.14511

Palenewen, E., & Hardoko, A. (2018). Analisis Kebutuhan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) dan Permasalahan Terkait Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 2 Bongan. Jurnal Biodik, 4(1), 48–59.

Prima, E. C., & Kaniawati, I. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Elastisitas Pada Siswa Sma. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 16(1), 179. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.279

Purba, T. H., Sipayung, M., & Lumbangaol, A. (2016). Inovasi Pembelejaran Metode Konvensional Dikombinasikan dengan Strategi Peta Konsep (Consept Mapping) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada Sub Materi Sistem Indera Manusia di Kelas XI IPA 3. Jurnal Biodik, II(2), 73–85.

Putra, A. G. P., Bektiarso, S., & Handayani, R. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma (Kelas X Sma Negeri 3 Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 129–134.

Suliyati, S., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan model PBL menggunakan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar peserta didik. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 3(1). https://doi.org/http://doi.org/10.22216/jcc.2018.v3i1.2100

Supiandi, M., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. JPS (Jurnal Pendidikan Sains), 4(2), 60–64.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi dalam Pelajaran Biologi DALAM MATERI BIOLOGI. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 49–57.

Tropika, J. E., & Khusus, E. (2013). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Biologi Edukasi, 5(2), 54–59.

Utami, R. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Langkah Penyelesaian Berdasarkan Polya dan Krulik-Rudnick Ditinjau dari Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 82–98.

Ware, K., & Rohaeti, E. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Sma. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 3(1), 42–51. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2219

Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi model PBL dan model GDL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 1–10. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1336

Downloads

Published

2021-09-26 — Updated on 2021-09-26

Versions

How to Cite

Rahmawati, R., Supriadi, G. S. F. ., Pratiwi, P., Riandi, R., & Supriatno, B. (2021). Inovasi Pembelajaran Metode Konvensional dikombinasikan dengan Metode PBL: (Learning Innovation of Conventional Methods Combenated With PBL Method). BIODIK, 7(3), 68-72. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13020

Most read articles by the same author(s)