Pengembangan Komik Biologi Pada Materi Pteridophyta Untuk Siswa SMA

(Development of Biological Comics on Pteridophyta Material for High School Students)

Authors

  • Karlena Universitas Jambi
  • Revis Asra Universitas Jambi
  • Bambang Hariyadi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.11267

Abstract

This research is the background of the problems that occur in school, namely, lack of interest in reading in students, students tend to choose subjects they like and student learning outcomes are still low seen from their KKM scores. The research objective was to develop comics on Pteridophyta material for class X SMA Negeri 2 Sungai Penuh. The research method uses development research with the ADDIE model. The stages include Analysis, Disgn, Development, Implementation and Evaluation. Products in the form of comics are needed to attract students' interest in reading. Products are validated by media experts and material experts. Validation by material experts was carried out 3 (three) times, with a final percentage of 80% meaning that the comic was in the valid category with a reasonable conclusion to be produced with revisions according to the suggestions. Meanwhile, the validation by media experts was carried out 2 (two) times by obtaining a percentage of 88%, meaning that the comic was in the very valid category with the conclusion that it was feasible to be produced with revisions according to the suggestions. The comic on Pteridophyta material for high school class X students obtained practical feasibility in the very good category. Practical feasibility was obtained from teachers and students in group trials. Eligibility of the teacher with a percentage of 88.24%, small group trials with a percentage of 85.33%, trials of two large groups with a percentage of 84.67% and 84.08% respectively. From the two large group trials, an agreement was obtained that strong and significant enough regarding the feasibility of comics on Pteridophyta material for class X high school students. Thus, the development carried out on products in the form of comics on Pteridophyta material can be produced and used in Biology learning in class X.

Abstrak. Penelitian ini melatar belakangi masalah yang terjadi disekolah diantaranya yaitu, Kurangnya minat baca pada siswa, siswa cenderung memilih mata pelajaran yang disukai dan hasil belajaar siswa yang masih rendah dilihat dari nilai KKM-nya. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan komik pada materi Pteridophyta untuk siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Penuh. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Tahapan meliputi Analys, Disgn, Development, Implementation dan Evaluation. Produk berupa komik dibutuhkan untuk menarik minat baca siswa. Produk di validasi oleh ahli media dan ahli materi. Validasi  oleh  ahli  materi dilakukan  sebanyak  3  (tiga) kali,  dengan memperoleh  persentase akhir  80% artinya  komik  berada  dalam kategori valid dengan kesimpulan layak  untuk  diproduksi  dengan  revisi sesuai  saran. Sedangkan  validasi  oleh  ahli  media dilakukan  2  (dua)  kali dengan memperoleh  persentase 88%,  artinya  komik  berada dalam kategori sangat valid dengan kesimpulan layak untuk diproduksi dengan revisi sesuai saran. Komik pada  materi Pteridophyta  untuk  siswa  SMA  kelas X memperoleh kelayakan  secara  praktis dengan  kategori  sangat  baik. Kelayakan  praktis  diperoleh dari guru  dan siswa  pada  uji coba  kelompok. Kelayakan  dari guru dengan  persentase sebesar  88,24%, ujicoba  kelompok kecil dengan persentase 85,33%, uji coba dua kelompok besar dengan masing-masing  persentase 84,67%  dan  84,08%.Dari  uji coba  dua  kelompok  besar didapat kesepakatan  yang  cukup  kuat dan  signifikan  mengenai  kelayakan komik pada materi Pteridophyta untuk siswa SMA kelas X. Dengan demikian, pengembangan yang dilakukan pada produk berupa komik pada materi Pteridophyta dapat diproduksi dan digunakan dalam pembelajaran Biologi pada kelas  X.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, OA. (2015). Minat Belajar Siswa terhadap Media Komik Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA. BioEdu, 4 (1), 750-754.

Arahim, Z., dkk. (2009). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.Ariesta, O. (2013). Kebudayaan Lokal Sebagai Potensi dalam Berkarya Komik. Bercadik, 1 (1), 95-110.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan [JIPP], 2 (2), 127-133.

Gumelar, MS. (2011). Cara Membuat Komik. Jakarta: PT. Indeks.

Handayani, S. (2010). Perbandingan Efektifitas Pemberian Informasi Melalui Media Cerita Bergambar (Komik) Versi BKKBN dengan Media Leaflet. Gaster, 7 (1), 482-490.

Haka, N. B. (2020). Pengembangan Komik Manga Biologi Berbasis Android untuk Peserta Didik Kelas XI Ditingkat SMA/MA. Journal of Biology Education, 1(1), 17-32. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v1i1.3284

Iskandar. (2008). Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitaif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Manalu, MA. (2017). Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Nilai Karakter pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3 (1), 35-48.

Mukti, DN. (2015). Penciptaan Karya Komik Alternatif. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3 (2), 16-22.118

Mulyani, SP. (2015). Pengembangan Media Komik untuk Pembelajaran Bahasa Jawa di Kelas III SD Negeri Tegalpanggung. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Novianti, RD dan Syaichudin, M. (2010). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk soal Cerita Bab Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Ngembung. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10 (1), 74‐85.

Nurlatipah, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains yang Disertai Foto untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sumber pada Pokok Bahasan Ekosistem. Scientiae Educatia, 5 (2), 1-13.

Octaviany, I. (2013). Pengembangan Media Komik dengan Menggunakan Adobe Flash CS3 Professional untuk Mengajarkan Keterampilan Menulis Dongeng pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Sawangan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Putra, N. (2013). Research dan Development Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Safitri, R. (2016). Biologi Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam untuk SMA/MA X. Surakarta: CV Mediatama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.

Utariyanti, I. F. Z., Wahyuni, S., & Zaenab, S. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik dalam materi sistem pernapasan pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Malang. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(3). DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i3.2668

Wahyuningsih, AN. (2011). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. PP, 1 (2), 102-110.

Downloads

Published

2021-03-14

How to Cite

Karlena, Revis Asra, & Bambang Hariyadi. (2021). Pengembangan Komik Biologi Pada Materi Pteridophyta Untuk Siswa SMA: (Development of Biological Comics on Pteridophyta Material for High School Students). BIODIK, 7(01), 53-61. https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.11267

Issue

Section

Articles