Analisis Penggunaan Aplikasi Evaluasi Belajar Online Pada Pembelajaran Biologi di SMA Kota Jambi

(Analysis of the Use of Online Learning Evaluation Applications in Biology Learning in Jambi City High Schools)

Authors

  • Odian Tambunan Universitas Jambi
  • Risnita Risnita UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Bambang Hariyadi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.21657

Abstract

One of the measuring tools for evaluating learning outcomes is using a test. As information technology develops, written tests using paper media have changed to online-based tests. This research is quantitative descriptive. The data source for this research was obtained directly from teachers and students using interviews, survey questionnaires, and documentation results. The results of the study show that the online test applications used in Biology lessons at Jambi City Public High Schools are Google Forms, Google Classroom, Edmodo and e-exam applications. The online exam application is used during daily tests, midterm exams and final semester exams. The advantages of the online exam application used are that it does not use paper, fast, saves money, effort and time, exam results can be known quickly. Then the weakness is having to use a stable internet network, requiring internet quota and it is difficult to prevent students from cheating when exams are carried out at home. The obstacle felt by the teacher is that the exam questions must be typed one by one in the application, not all students have an Android smartphone, if the device has too many applications it will take a long time to open the exam application. And the network often lags. The effectiveness of implementing online exam applications is effective in technical terms such as speed of processing time, effort and cost. However, online exam applications are less effective in terms of increasing student learning outcomes and honesty. In general, the responses of teachers and students showed a positive response, respectively 70.52% and 65.78% with good criteria.

Abstrak. Salah satu alat ukur evaluasi hasil belajar adalah menggunakan tes. Seiring berkembangnya teknologi informasi, tes terlulis dengan media kertas, berubah menjadi tes berbasis online. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh langsung dari guru dan siswa dengan menggunakan wawancara, angket survei, dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi ujian online yang digunakan dalam pembelajaran Biologi di SMA Negeri Kota Jambi adalah Google Form, Google Classroom, Edmodo dan Aplikasi e-ujian. Aplikasi ujian online digunakan pada saat ulangan harian, ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Kelebihan dari aplikasi ujian online yang digunakan adalah tidak menggunakan kertas, cepat, hemat biaya, tenaga dan waktu, hasil ujian dapat diketahui dengan cepat. Kemudian kelemahanya adalah harus menggunakan jaringan internet yang stabil, memerlukan kuota internet dan sulit menghindari siswa untuk berbuat curang ketika ujian dilaksanakan dirumah. Kendala yang dirasakan guru adalah soal ujian harus diketik satu persatu di aplikasi, tidak semua siswa memiliki smartphone android, apabila perangkat terlalu banyak aplikasi maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk membuka aplikasi ujian. Serta jaringan sering ngelag. Efektivitas penerapan aplikasi ujian online efektif dalam hal teknis seperti kecepatan waktu pengerjaan, tenaga dan biaya. Namun, aplikasi  ujian online kurang efektif dalam hal peningkatan hasil belajar dan kejujuran siswa. Secara umum respon guru dan siswa menunjukkan respon yang positif masing-masing persentase 70,52% dan 65,78% dengan kriteria baik.

Kata kunci: Aplikasi, Kota Jambi, Online, Ujian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19 (4), 9–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748

Ependi, U., Putra, A., & Panjaitan, F. (2019). Evaluasi tingkat kebergunaan aplikasi administrasi penduduk menggunakan teknik system usability scale. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 5(1), 63–76. https://doi.org/10.26594/register.v5i1.1412

Handayani, G. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Form Untuk Ujian Akhir Semester Bagi Mahasiswa Pgmi Al Hilal Sigli. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu, 1(1), 115–120.

Inggriyani, F., & Hamdani, A. R. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Edmodo Di Man Lhokseumawe. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Sepeda) PGSD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan, 06(1), 68–72.

Iskandar, Nehru, & Riantoni, C. (2021). Metode Penelitian Campuran: Konsep, Prosedur dan Contoh Penerapan. PT Nasya Expanding Management.

Kartono, K. (2020). Respon Guru Dan Siswa Sekolah Dasar Terhadap Hasil Pengembangan Soal Online Menggunakan Google Form Sebagai Implementasi Belajar Dari Rumah. Visipena, 11(2), 393–403. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1261

Kurniawan, L. S. (2022). Penggunaan Aplikasi Quipper School Dan E-Ujian.Com Sebagai Media Pembelajaran Dan Evaluasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sma Negeri 1 Majenang. 1–80.

Matondang, Z., Djulia, E., & Simarmata, J. (2019). Evaluasi Hasil Belajar.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode Metode Baru. Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS).

Nuriyah, N. (2016). Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1).

Purba, P. A. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Penilaian Online pada Pembelajaran Matematika Selama Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6, 62–68. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/1811.

Rohimat, S. (2021). Penggunaan Google Form dalam Penilaian Harian Kimia di SMAN 6 Kota Serang pada Awal PandemiCovid-19. Indonesian Journal of Mathemathics and Natural Science Education, 2(1), 1-8.

Samsiadi, S., & Humaidi, M. N. (2022). Efektivitas Google Form Sebagai Media Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran Pai Di SMK Negeri 1 Berau Kaltim. Research and Development Journal of Education, 8(2).

Sari, T. Y. N., Effendi, M. M., & Susanti, R. D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Edmodo Sebagai Sarana Ujian Harian Online di SMA Islam Batu. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 318–328.

Solikah, H., Pembimbing, D., Yulianto, H. B., & Pd, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas. Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1–8. www.quizizz.com

Turmuzi, M., Ratnaya, I. G., Al Idrus, S. W., Paraniti, A. A. I., & Nugraha, I. N. B. S. (2022). Literature review: evaluasi keterlaksanaan kurikulum 2013 menggunakan model evaluasi cipp (context, input, process, dan product). Jurnal Basicedu, 6(4), 7220-7232.

Widoyoko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Penerbit Kencana.

Zulkifli, N. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Ujian Semester Menggunakan Computer Based Test. Jurnal Pendidikan, 6(1), 186–191

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Tambunan, O., Risnita , R. ., & Hariyadi , B. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Evaluasi Belajar Online Pada Pembelajaran Biologi di SMA Kota Jambi: (Analysis of the Use of Online Learning Evaluation Applications in Biology Learning in Jambi City High Schools). BIODIK, 9(2), 103-116. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.21657

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)