Pengembangan Butir Soal Esay Berbasis Critical Thinking Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Perubahan Lingkungan Tingkat SMA Se-Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi
(Development of Essay Items Based on Critical Thinking in Biology Subject Material on Environmental Change at the High School Level in Sungai Bahar, Muaro Jambi Regency)
DOI:
https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.22412Abstract
This study aims to produce critical thinking-based essay items in biology subject matter of environmental change in class X SMA Se-Sungai Bahar, Muaro Jambi Regency. This study uses the RnD research method, with the ADDIE model used as a development model. (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, and (5) evaluation. The types of data in this study are quantitative data and qualitative data. Data collection techniques used essay test sheets, needs analysis, expert validation and practitioner validation. While the data analysis technique was carried out using qualitative analysis to determine the validity of the instrument items based on critical thinking from experts and quantitative analysis which included validity and reliability tests at each stage. Based on the results that 1) the process of developing critical thinking-based essay item products has been carried out properly by following research procedures. 2) The teacher's perception of critical thinking-based essay items has a very good category and is feasible for testing. 3) students' perceptions of critical thinking-based essay questions have a good category and are feasible to try out. 4) the effectiveness of critical thinking-based essay items in biology subject matter of environmental change in obtaining the average pretest score of class X students of SMA Negeri 9 Muaro Muaro Jambi, namely 67.30. While the acquisition of students' posttest scores increased, namely 77.63. Meanwhile, the average pretest score for class X students of SMA Negeri 4 Muaro Muaro Jambi was 56.63. While the acquisition of students' posttest scores increased, namely 70.17. These results indicate that there is a difference in the average value of the critical thinking ability of class X SMA Negeri 9 and X SMA Negeri 4 Jambi before the pretest and after the posttest based on critical thinking items.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk butir soal esay berbasis critical thinking pada mata pelajaran biologi materi perubahan lingkungan di kelas X SMA Negeri Se-Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan motede penelitaian RnD, dengan model ADDIE digunakan sebagai model pengembangan. (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Jenis data dalam penelitian ini, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes essay, analisis kebutuhan, validasi ahli dan validasi praktisi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif untuk mengetahui validitas instrumen butir soal berbasis critical thinking dari pakar ahli dan analisis kuantitatif yang mencakup uji validitas dan reliabilitas pada setiap tahapnya. Berdasarkan hasil bahawa 1) proses mengembangkan produk butir soal esay berbasis critical thinking telah dilaksanakan dengan baik dengan memngikuti prosedur penelitian. 2) Persepsi guru terhadap butir soal esay berbasis critical thinking memiliki kategori sangat baik dan layak untuk di uji cobakan. 3) persepsi siswa terhadap butir soal esay berbasis critical thinking memiliki kategori baik dan layak untuk di uji cobakan. 4) efektivitas butir soal esay berbasis critical thinking pada mata pelajaran biologi materi perubahan lingkungan di perolehan rata-rata nilai pretest siswa kelas X SMA Negeri 9 Muaro Muaro Jambi yaitu 67,30. Sedangkan perolehan nilai postest siswa mengalami peningkatan yaitu 77,63. Sedangkan perolehan rata-rata nilai pretest siswa kelas X SMA Negeri 4 Muaro Muaro Jambi yaitu 56,63. Sedangkan perolehan nilai postest siswa mengalami peningkatan yaitu 70,17. Hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan critical thinking siswa kelas X SMA Negeri 9 dan X SMA Negeri 4 Jambi sebelum di dilakukan preetest dan setelah dilakukan posttest butir soal berbasis critical thinking.
Downloads
References
Afrizona, R., Ratnawulan, & Fauzi, A. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Ix Mtsn Model Padang Pada Mata Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(22), 1–16.
Agustin, R., & Supardi, Z. A. I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Kalianget. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 03(02), 14–19.
Alatas, F. (2014). Hubungan Pemahaman Konsep Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. EDUSAINS, 6(1), 88–96.
Alwi, M., & Sholihat, Z. (2019). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Pada Karya Sastra Berbasis Budaya Lokal Kelas IV MI NW Tebaban. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 40. https://doi.org/10.29408/didika.v5i1.1778
Alwisol. 2006. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM pres.
Annisa, N. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Kota Layak Anak Dalam Penyediaan Infrastruktur (Sarana Dan Prasarana) Ramah Anak Di Kota Padang. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 68–74.
Arifin, 2013. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag. Asrul. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Citapustaka Media.
Arifin, Z., (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian, Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2 (1): 28-36
Anisah dan Sri Lastuti, (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa, Kreano, 9 (2): 191-197
Dewi, E. K. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas X Di SMAN 22 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 02(3), 936–950.
Doganay, A. and Bal, A. P. (2010). The Measurement of Students’ Achievement in Teaching Primary School Fifth Year Mathematics Classes. Educational Science: Theory & Practice, 10(1), pp. 199- 215.
Davidson, B. W dan Dunham R, A. 1997. Assessing EFL Student Progress in Critical Thinking with the Ennis-Weir Critical Thinking Essay Test. JALT Journal, 19(1), 43-57.
Ennis, R. H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills (E. Leadership (ed.)). Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: What It is and Why It Counts. California: California Academic
Press.
Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sma Di Bogor Timur. JPPM, 10(2), 157–168.
Hardiyantari, O. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan teknik dinamis pada mata pelajaran produktif teknik komputer dan jaringan untuk siswa SMK kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 77. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.13372
Karim, & Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92–104.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Analisis Materi Ajar Jenjang SD/SMP/SMA: Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud, 2017. Modul Penyusunan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktort Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud .(2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Khaldun, I., L. Hanum, dan S. D. Utami, (1019). Pengembangan Soal Kimia Higher Order Thinking Skills Berbasis Komputer Dengan Wondershare Quiz Creator Materi Hidrolisis Garam Dan Larutan Penyangga, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2): 132-142.
L, Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. ADAARA : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.
Langley, A. 2007. Process Thinking in Strategic Organization. Journal of Strategic Organization. Vol. 5, No. 3, pp. 271-282.
Maulidiansyah, D., Silitonga, haratua tiur maria, & Hamdani. (n.d.). (2019) Pengembangan Tes Diagnostik Menggunakan Aplikasi Google Form Materi Momentum dan Impuls Untuk Siswa SMA. Pendidikan Fisika FKIP Untan Pontianak.
Ngafifah, S. (2020). Penggunaan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa Pada Masa Covid19 Di Sd It Baitul Muslim Way Jepara. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), 123–144. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.186
Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo, 2013.
Nurizzati, Y. (2012). Upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa IPS.
Jurnal Edueksos, 1(2), 93–108.
Nasir, M., (2015). Analisis Empirik Program Analisis Butir Soal Dalam Rangka Menghasilkan Soal Yang Baik Dan Bermutu Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Fisika, Prosiding Semirata 2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat Universitas Tanjungpura Pontianak, Pontianak 5-7 Mei 2015, Hal 336 – 347 Pemendikbud. (2014). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 4. Citra Umbara.
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmiyati, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Google Form dalam Meningkatkan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Pengawas Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(2), 201–209. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.42-08
Retnowati, D. (2016). Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Farmasi SMK Citra Medika Sragen Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(1), 105–116.
Reed, J. H. (1998). Effect of A Model for Critical Thinking on Student Achievement in Primary Source Document Analysis and Interpretation, Argumantetive Reasoning, Critical Thinking Dispositions, and History Content in A Community College History Course. Dissertation. Florida: University of South Florida.
Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konseo, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru) (1st ed.). Rajawali Pers.
Sanjaya, M. E., Asyhar, R., & Hariyadi, B. (2015). Development, Evaluation Instrument, Catalase Enzyme Experiment Test. 4(2).
Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang 2016, 605– 612.
Saud, Udin Saefudin, (2012), Pengembangan Profesi Guru, Penerbit : CV. Alfabeta, Bandung.
Sa’idah, N., Hayu Dian Yulistianti, dan Eka Megawati, (2019). Analisis Instrumen Tes Higher Order Thinking Matematika SMP, Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1): 41-54
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145 Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6, 6(2012),
–305.
Wahyuni, S & Ibrahim, S. (2014). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung : PT Refika Aditama. Widoyoko, E.P. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
W.S. Winkel, (2015). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia.
Yuliati, L. (2013). Efektivitas Bahan Ajar Ipa Terpadu Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9, 53–57.
Zubaidah, S.AD. Corebima, dan Mistianah, (2015). Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essayâ€, Symposium on Biology Education.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sukmawati Prabowo Putri, Bambang Hariyadi , Evita Anggereini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).