Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Faktual pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas X SMA

(The Development of Factual-Based Digital Comic Media on Environmental Pollution Materials for Class X High School)

Authors

  • Desi Wulansari UNIVERSITAS JAMBI
  • Asni Johari Universitas Jambi
  • Revis Asra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.15713

Abstract

This study aims to determine the feasibility and effectiveness of digital comic media on environmental pollution material for class X high school students, as well as students' perceptions of the media. This study uses the ADDIE model development design. The data collection technique used a questionnaire sheet and multiple choice questions. The instrument used was a validation questionnaire sheet to determine the feasibility of the media, teacher, and student-response questionnaires to determine the attractiveness of the media and multiple-choice questions to determine the effectiveness of the media. Data analysis techniques used in research and development are qualitative and quantitative. Based on the results of the validation of the development of digital comic media by material experts twice and media experts once the media was declared valid and could be tested, while the teacher response results obtained a percentage of 94% in the very good category, the results of student responses in small group trials obtained a percentage of 93 % in the very good category, the results of student responses in the large group trial obtained a percentage of 87% in the very good category and the results of field trials or effectiveness obtained a score of 54 in the control class and 71 in the experimental class, which means that learning outcomes using digital comic media are more effective. So it can be concluded that digital comics are feasible to be used as teaching materials.

Key words: Development, Digital Comics, Environmental Pollution

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media komik digital pada materi pencemaran lingkungan untuk siswa kelas X SMA, serta persepsi siswa terhadap media tersebut. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket dan soal pilihan ganda. Instrument yang digunakan berupa lembar angket validasi untuk mengetahui kelayakan media, angket respon guru dan siswa untuk mengetahui kemenarikan media dan soal pilihan ganda untuk mengetahui efektifitas media. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi terhadap pengembangan media komik digital oleh ahli materi sebanyak dua kali dan ahli media sebanyak satu kali media dinyatakan valid dan dapat diujicobakan, sedangkan hasil respon guru diperoleh persentase 94% dalam kategori sangat baik, hasil respon siswa dalam ujicoba kelompok kecil diperoleh persentase 93% dalam kategori sangat baik, hasil respon siswa dalam ujicoba kelompok besar diperoleh persentase 87% dalam kategori sangat baik dan hasil ujicoba lapangan atau efektifitas diperoleh skor 54 pada kelas kontrol dan 71 pada kelas eksperimen yang berarti hasil belajar dengan menggunakan media komik digital lebih  efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komik digital layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Kata kunci: Pengembangan, Komik digital, Pencemaran lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiningsih. (2015). Video Sebagai alternatif MediaPembelajaran dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Madrasah. Jurnal PGSD Universitas Jember, Pancaran, Vol. 4, No. 1, hal 55-68.

Ainun Jariah. 2013. “Analisis faktor-faktor pribadi yang mempengaruhikeputusan pembelian.†Jurnal STIE Widya Gama Lumajang.

Arroio, A. 2011.Comics as a Narrativein Natural Science Education.Western Anatolia Journal of Educational Science (WAJES),hal 93-98.

Kustianingsari Nadia,2015, Jurnal Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Kita Materi Teks Cerita Manusia dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya, Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan Vol 6 No 2

Kustiawan, A. A. (2016). Model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar smashnormal bolavoli pada siswakelas xi sma negeri colomadu karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Journal of sportif, 2(1), 13-35.

Pamuji.(2014). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Saraf Manusia Untuk SMP/MT Kelas IX Semester Ganjil†Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Purwanti, Budi. 2015. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assureâ€. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan (Volume 3, No 1 Tahun 2015, h.44).

Priyadi. (2019) Desain Kuis Pembelajaran Fisika Berbasis Teknologi pada Materi Hukum Grafitasi. JRKPF 6(1).

Mardiningsih.D.2009. Tingkat produktifitas tenaga kerja perempuan pada peternakan sapi perah rakyat di kecamatan Pakem kabupaten Sleman. 59 Laboratorium sosial ekonomi peternakan fakultas peternakan universitas Diponegoro

Maxtuti, I. O., dkk.(2013). Pengembangan Komik Keanekaragaman Hayati Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Kelas X. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 2(2): hal 128-133.

Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018).Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Wahyuningsih, Ary Nur. (2011). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R.Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Yazdi, Mohammad. 2012. “E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasiâ€. Jurnal Ilmiah Foristek. Vol. 2 No. 1, Maret 2012.

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Wulansari, D., Johari, A. ., & Asra, R. . (2022). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Faktual pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas X SMA: (The Development of Factual-Based Digital Comic Media on Environmental Pollution Materials for Class X High School). BIODIK, 8(1), 42-50. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.15713

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>