Analisis Habits of Mind (HOM) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi

(Analysis of Student Habits of Mind (HOM) in the Plant Physiology Course in Biology Study Program Students, Faculty of Science and Technology Universitas Jambi)

Authors

  • Ade Adriadi Adriadi Universitas Jambi
  • Revis Asra Universitas Jambi
  • Nanda Rayani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.15880

Abstract

This study aims to find out what habits of mind profile students form in plant physiology lectures. This type of research is descriptive research with qualitative methods. This research was conducted at the Biology Study Program, FST UNJA. The research subjects are Biology Study Program students who take Plant Physiology courses. Sampling was done by purposive sampling technique. Data were obtained through interview instruments, questionnaires, observations, and documentation using the data triangulation method, namely technical triangulation. The research instruments in the form of questionnaires, interviews and observations were adopted from Costa and Kallick which consisted of 16 categories of habits of mind (hom). Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and data verification. The conclusion of this study is that the overall habit of mind of students in the plant physiology course of the Biology Study Program, FST UNJA is in the very strong category, where 56.25% of the criteria from 16 categories have strong criteria and 43.75% have sufficient criteria. The highest percentage is obtained on 2 indicators, namely: the ability to not lie and think flexible does not mean undisciplined but not rigid at a percentage of 79% and the lowest is in the indicator responding with awe (Responding with wonderment and awe) at a percentage of 48%.

Key words: Habits of Mind, Plant Physiology, Student

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja profil habits of mind mahasiswa yang terbentuk dalam kegiatan perkuliahan fisiologi tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Pedelitian ini dilakukan di Prodi Biologi FST UNJA. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi Biologi yang mengikuti mata kuliah Fisiologi Tumbuhan. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui instrumen wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan metode triangulasi data yaitu triangulasi teknik. Instrument penelitian berupa angket, wawancara dan observasi diadopsi dari Costa dan Kallick yang terdiri dari 16 kategori habits of mind (hom). Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu secara keseluruhan habit of mind mahasiswa pada mata kuliah fisiologi tumbuhan Prodi Biologi FST UNJA berada pada kategori sangat kuat, di mana 56,25% kriteria dari 16 kategori memiliki kriteria kuat dan 43,75% memiliki kriteria cukup. Persentasi paling tinggi didapat pada 2 indikator yaitu: kemampuan tidak berbohong dan Berfikir fleksibel bukan berarti tidak disiplin melainkan tidak kaku pada persentase 79% dan yang paling rendah terdapat pada indicator menanggapi dengan rasa kekaguman (Responding with wonderment and awe) pada persentase 48%. 

Kata kunci: Habits of Mind, Fisiologi Tumbuhan, Mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (n.d). Pendidikan (Def.4). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring. Diakses pada 27 Juni 2021, melalui, https://kbbi.we.id/.

Costa, L., Kallick, B. 2012. Belajar dan Memimpin Dengan Kebiasaan Pikiran. Jakarta: Indeks.

Costa, L., Kallick, B. 2000. Discovering ang Exploring Habits of Mind. Association for Supervision and Curiculum Development (ASCD). Alexandria: Beauregard St.

Duch, J. B. 1995. Problem Based Learning in Physics: The Power of Student Teaching Student, Diakses pada 26 Juni 2021, melalui http://www.udel.edu/pbl/cte/jan95-phys.html.

Gloria, R. Y., dkk. (2018). Costa-Kallick’s Habbits of Mind in Practical Activities of Students as Biology’s Teacher Candidates. EDUSAINS, 10(1), 16-21. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains.

Idris, Meity H., dkk. 2014. Menjadi Pendidik yang Menyenangkan dan Professional Implementasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Luxima.

Khamidah, Nur., Nani Aprilia. (2014). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas XI SMA Se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. JUPEMASI-PBIO. 1 (1), 5-8. http://jupemasipbio.uad.ac.id/wp-content/uploads/2014/11/12.-NP-11A08023-NUR-KHAMIDA.pdf.

Lakitan, Benyamin. 2011. Dasar-dasar Fisiologi Tumbuhan. Jakarta:Rajawali Press.

Masiah., Siti Rabiatul A. (2013). Pengembangan Worshet Berorientasi Guided Inquiry untuk Membentuk Dan Melatih Habits of Mind Mahasiswa. Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram. 6 (2).

Neufeld, V. R., Barrows, H. S. (1974). The McMaster Philosophy an Aproach to Medical Education. Journal of Medical Education. 49(11), 1040-1050.

Qadarsih, Nurmala Dewi. 2017. Pengaruh Kebiasaan Pikiran (Habits of Mind) Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal SAP. 2 (2), 181-185.

Riduwan. 2008. MBA:Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta:Bandung.

Siregar, Nurliani. n.d. Belajar Dan Pembelajaran. Diakses pada 28 Juni 2021, melalui, http://akademik.uhn.ac.id/portal/public_html/FKIP/Nurliani_Siregar/Belajar&Pembelajaran.pdf.

Sugandi, Asep Ikin., Rippi Maya. (2019). Analisis Habits of Mind (HoM) Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Analisa. 5 (1), 84-94. Doi:10.15575/ja.v5i1.4563.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandungn: CV. Alfabeta.

Syukria, A., Johar, R., & Marwan. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Habbits of Mind Mahasiswa pada Materi Lintasan Terpendek Menggunakan Algoritma FLOYD WARSHALL. Jurnal Peluang. 1(2), 71-80.

Downloads

Published

2022-09-03

How to Cite

Adriadi, A. A., Asra, R. ., & Rayani, N. (2022). Analisis Habits of Mind (HOM) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi: (Analysis of Student Habits of Mind (HOM) in the Plant Physiology Course in Biology Study Program Students, Faculty of Science and Technology Universitas Jambi). BIODIK, 8(3), 28 - 35. https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.15880

Most read articles by the same author(s)