PEMBERIAN KUALITAS PELAYANAN JASA DAN PENETAPAN HARGA YANG DILAKUKAN PT. ROMI TOUR AND TRAVEL DALAM MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN

Authors

  • Adi Ikhsan Syukri Amri Universitas Jambi
  • Yuliusman Yuliusman Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.23862

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah variabel kualitas pelayanan jasa dan penetapan harga baik secara parsial maupun secara simultan mempunyai pengaruh atau tidak terhadap variabel kepuasan konsumen pada PT. Romi Tour and Travel. Objek penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa PT. Romi Tour and Travel dalam perjalanan wisata, study tour, benchmarking, kunjungan kampus atau kunjungan bisnis dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 82 dengan menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang disebar secara acak kepada konsumen yang pernah menggunakan jasa PT. Romi Tour and Travel dalam perjalanan wisata, study tour, benchmarking, kunjungan kampus atau kunjungan bisnis. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi, uji asumsi klasik, uji-F dan Uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa baik secara simultan maupun secara parsial variabel kualitas pelayanan jasa dan penetapan harga mempunyai pengaruh terhadap variabel kualitas pelayanan jasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Jakarta : CV. Alfabeta.

Anwar, Mohamad Lutfi. Jurnal : Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Travel Ridho Maulaa di Nganjuk. Jurnal Simki-Economic, vol. 01 No. 02 (2017). Diambil dari http:// http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/ac2f636a21b7119a31afbdaa67ef694b.pdf. Diunduh pada tanggal 23 Februari 2020.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang : Penerbit Universitas Diponegoro.

_____________. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryono, Rr. Endang Wahyuni & Danang Darunanto. Jurnal : Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. DMS Tour and Travel. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik, Vol. 2 No. 2 (2016). Diambil dari http://library.itltrisakti.ac.id/jurnal/indeks.php/JMBTL/article/download/47/51. Diunduh pada tanggal 23 Februari 2020.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Mauludin, Hanif. 2013. Marketing Research : Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

______________________________. 2014. Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Merkusi, Meta Octavia & Devilia Sari. 2015. Artikel jurnal : Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Tour and Travel di Koper Komunika Indonesia Yogyakarta). e-Proceeding of Management, Vol. 2 No. 3. Diambil dari https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/104244/jurnal_eproc/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-pelanggan-studi-pada-tour-dan-travel-di-koper-komunika-indonesia-yogyakarta.pdf. Diunduh pada tanggal 20 Februari 2019.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi 2. Yogyakarta: CV Andi Offset.

_________________________________. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa : Prinsip Penerapan Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Simon, Kevin, Christina Whidya Utami & Metta Padmalia. 2016. Jurnal : Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Pelanggan Surya Nalendra Sejahtera Tours & Travel. PERFORMA : Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol. 1 No. 3 Agustus 2016. Diunduh dari https://anzdoc.com/pengaruh-kualitas-layanan-terhadap-kepuasan-pelanggan-surya-.html pada tanggal 4 Maret 2019.

Sujarweni, V. Wiratna. 2008. Belajar Mudah SPSS Untuk Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi dan Umum, edisi pertama. Yogyakarta: Global Media Informasi.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. 2013. Stastika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Widiputra, Harya Damar. 2017. Bagan Penelitian dan Road Map Penelitian. https://dosen.perbanas.id/bagan-penelitian-dan-road-map-penelitian/.Diakses tanggal 10 Maret 2020.

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

Amri, A. I. S., & Yuliusman, Y. (2023). PEMBERIAN KUALITAS PELAYANAN JASA DAN PENETAPAN HARGA YANG DILAKUKAN PT. ROMI TOUR AND TRAVEL DALAM MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(01), 249-262. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.23862

Most read articles by the same author(s)