PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MENARIK MINAT BERKUNJUNG KE AGROWISATA NANAS DI DESA TANGKIT BARU, KECAMATAN SUNGAI GELAM DENGAN PRODUK KREATIF OLAHAN NANAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v13i03.33358Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah variabel Media Sosial dan Produk Kreatif mempunyai pengaruh atau tidak terhadap variabel Minat Berkunjung ke Agrowisata Nanas Tangkit Baru. Objek penelitian ini adalah masyarakat yang sudah berkunjung ke Agrowisata Nanas Tangkit Baru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 dengan menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang disebar secara acak kepada masyarakat yang pernah berkunjung ke Agrowisata Nanas Tangkit Baru dan alat analisis menggunakan Smart PLS (Partial Least Square). Hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel Media Sosial dan Produk Kreatif Olahan Nanas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Berkunjung, sedangkan variabel Media Sosial dengan variabel Produk Kreatif Olahan Nanas sebagai variabel moderating tidak mempunyai pengaruh yang signifikan.
Downloads
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsitur Studio. (2020). Pengertian dan Jenis Agrowisata. Artikel online. arsitur.com. https://www.arsitur.com/2017/12/pengertian-dan-jenis-agrowisata.html.
Badan Pusat Statistik Muaro Jambi diakses dari http://muarojambikab.bps.go.id.
Cahyono, A. G. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157, DOI: https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79.
Fajrin, A. R., Wijayanto, G., & Kornita, S. E. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(1), 40-47. DOI: https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(1).7406.
Girsang, D., & Sipayung, N. L. (2021). Peran Instagram terhadap Minat Berkunjung Wisatawan ke Objek Wisata Bukit Indah Simarjarunjung Kabupaten Simalungun (Pasca Pandemi Covid-19). Jurnal Darma Agung, 29(23), 416-428. DOI: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v29i3.1226.
Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian
Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(01), 25-34. DOI: https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25-34
Katsikari, C., Hatzithomas, L., Fotiadis, T., & Folinas, D. (2020). Push and Pull Travel Motivation: Segmentation of the Greek Market for Social Media Marketing in Tourism. MDPI Sustainability Journal, 12(11), page 1-18. DOI: https://doi.org/10.3390/su12114770.
Kurniasanti, S. A. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Agrowisata (Studi Kasus Kampung Petani Buah Jeruk Siam di Kecamatan Bangorejo-Banyuwangi). Journal of Tourism and Creativity, 3(1), 65-76. DOI: https://doi.org/10.19184/jtc.v3i1.13904.
Martina, S., & Adimulya, R. P. (2013). Strategi Inovasi Produk Wisata Dalam Upaya
Meningkatkan Minat Berkunjung Wisatawan Ke Grama Tirta Jatiluhur Purwakarta. Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata dan Budaya, 4(2), 57-69. DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v4i2.509
Nofriati, D. (2021). Kunci Keberhasilan Pengembangan Agrowisata Nanas Tangkit Baru. Artikel online dari pangannews.id. https://pangannews.id/berita/1640616608/kunci-keberhasilan-pengembangan-agrowisata-nanas-tangkit-baru.
Pardede, T. (2021). Jalan-Jalan Sore ke Agrowisata Nanas di Tangkit Baru Muaro Jambi. Blog Nata. https://trinatapardede.com/jalan-jalan-sore-ke-agrowisata-nanas-di-tangkit-baru-muaro-jambi/.
Paputungan, H. F., Tamod, Z. E., & Pioh, D. D. (2017). Strategi Pengelolaan Agrowisata Kebun Kopi di Desa Purworejo Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Jurnal Agri-Sosioekonomi, 13(3), 77-86. DOI: https://doi.org/10.35791/agrsosek.13.3.2017.17956
Putri, C. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 1(5), 594-603. DOI: https://doi.org/10.37715/jp.v1i5.348.
Saragih, R. (2020). Membangkitkan kembali Agribisnis Nanas Tangkit Muaro Jambi di Tengah Pandemi. https://www.beritasatu.com/nasional/708319/membangkitkan-kembali-agribisnis-nanas-tangkit-muarojambi-di-tengah-pandemi.
Setiawati, T. & Karpin. (2018). Modul 6: Produk Kreatif dan Kewirausahaan.
Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2017). Analisis Laporan Keuangan: Teori, Aplikasi, & Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Tim Editor kumparan.com. (2020, 23 Oktober). Pengertian Produk Kreatif dan Kewirausahaan serta Sikap Seorang Wirausaha. kumparan.com. https://kumparan.com/berita-hari-ini/pengertian-produk-kreatif-dan-kewirausahaan-serta-sikap-seorang-wirausaha-1uROuunwj6y/full.
Tim Editor pengadaan.wed.id. (2021, 29 Agustus). Agrowisata: Pengertian, Ruang Lingkup, Syarat dan Strategi Pengelolaannya. https://www.pengadaan.web.id/2021/08/agrowisata-adalah.html.
Tim Editor info.populix.co. (2021, 18 september). Media Sosial Adalah: Contoh hingga Manfaatnya bagi Pebisnis. https://www.info.populix.co/post/media-sosial-adalah.
Utami, N. D dan Ferdinand, A. T. (2018). Analisis Peningkatan Minat Berkunjung Kembali Pada Wisatawan Melalui Citra Wisata Dan Nilai Budaya (Studi Pada Kota Kuningan, Jawa Barat). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 17(3), 207-211. DOI: https://doi.org/10.14710/jspi.v17i3.207-221
Widagdyo, K. G. (2017). Pemasaran, Daya Tarik Ekowisata dan Minat Berkunjung Wisatawan. Esensi: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(2), 261-276. DOI: https://doi.org/10.15408/ess.v7i2.5411.
Wijayanti, A. (2021). Efektifitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1), 26-39. DOI: https://doi.org/10.36256/ijtl.v2i1.138.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erida Erida, Adi Ikhsan Syukri Amri, Maulidia Imastary Tan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.