FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING KONSUMEN SAAT MOMENT HARI BELANJA ONLINE NASIONAL (HARBOLNAS)

Authors

  • Yenny Yuniarti Journal.unja.ac.id
  • Maulidia Imastary Tan
  • Ade Perdana Siregar
  • Adi Ikhsan Syukri Amri

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v10i01.12711

Abstract

Hari Belanja Online Nasional ( Harbolnas ) merupakan suatu perayaan yang diciptakan idEA (Asosiasi E-commerce Indonesia) guna mendorong dan mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai kemudahan berbelanja secara online. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, pada tahun 2018 sebanyak 6,5 juta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terlibat dalam kegiatan harbolnas. E-commerce sendiri menimbulkan perubahan perilaku pembelian konsumen menjadi impulse buying, yaitu melakukan pembelian yang tidak direncanakan (Natasya, 2016). Metode penarikan sampel purposive sampling yaitu konsumen yang pernah melakukan transaksi saat harbolnas. Metode analisis yang digunakan deskriptif kualitatif dengan alat analisis Cross Tabulation. Temuan dalam penelitian ini yaitu faktor yang paling mempengaruhi impulse buying konsumen online store saat moment harbolnas adalah emosi, yaitu keinginan untuk menunjukan jati diri.

 

 

Kata Kunci : e-commerce, impulse buying, HARBOLNAS

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Yuniarti, Y. ., Tan, M. I. ., Siregar, A. P. ., & Amri, A. I. S. . (2021). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING KONSUMEN SAAT MOMENT HARI BELANJA ONLINE NASIONAL (HARBOLNAS). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 153-159. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i01.12711