KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI STRATEGI SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKTOR JASA BERDASARKAN KERANGKA VALUE CHAIN MANAGEMENT

Authors

  • Sigit Indrawijaya
  • Dahmiri Dahmiri

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v1i1.1783

Abstract

Sebuah organisasi dalam mewujudkan eksistensinya dalam rangka mencapai tujuan memerlukan perencanaan Sumber daya manusia yang baik. Tanpa dukungan personel yang sesuai baik segi kuantitatif,kualitatif, strategi dan operasionalnya ,maka organisasi/perusahaan itu tidak akan mampu mempertahankan keberadaannya, mengembangkan dan memajukan dimasa yang akan datang. Oleh karena itu disini diperlukan adanya langkah-langkah manajemen guna lebih menjamin bahwa organisasi tersedia tenaga kerja yang tepat untuk menduduki berbagai jabatan, fungsi, pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan. Strategi sumber daya manusia merupakan proses manajemen dalam menentukan pergerakan sumber daya manusia organisasi dari posisi yang diinginkan di masa depan, diikuti dengan proses-proses dan aktivitas yang dilakukan bersama oleh manajer sumber daya manusia dan manajer lini untuk menyelesaikan masalah organisasi yang terkait dengan manusia.

Untuk itu pengadaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia diarahkan untuk menjamin syarat dasar kemampuan kerja (ability to work), sedangkan pemeliharaan Sumber Daya Manusia diarahkan untuk menjamin syarat dasar kemauan kerja (willingness to work).  Dengan adanya arah yang jelas didalam fungsi manajemen  sumber daya manusia diharapkan akan membuat organisasi dapat mencapai tujuan. Saat ini, adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari oleh organisasi akan adanya persaingan. Bahkan persaingan akan terus meningkat sehingga dapat membahayakan organisasi terutama organisasi bisnis. Untuk dapat bertahan dan menang dalam persaingan organisasi bisnis harus memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan (sustainable competitive advantage). Untuk memeperoleh Keunggulan tersebut, salah satunya adalah pendayagunaan sumber daya manusia, hal ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan lingkungan organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-04-04 — Updated on 2012-04-04

How to Cite

Indrawijaya, S., & Dahmiri, D. (2012). KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI STRATEGI SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKTOR JASA BERDASARKAN KERANGKA VALUE CHAIN MANAGEMENT. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 1(1), 75 - 85. https://doi.org/10.22437/jmk.v1i1.1783

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>