PENINGKATAN KINERJA PERBANKAN BERBASIS DIAGNOSTIC CONTROL SYSTEM DAN INTERACTIVE CONTROL SYSTEM MELALUI PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA BANK JAMBI)
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v12i2.16878Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh levers of control terhadap kinerja perusahaan perbankan yang dimediasi oleh sistem pengukuran kinerja. Pengujian ini diujikan pada karyawan perusahaan PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi (Bank Jambi). Penelitian ini menggunakan kuesioner yang didistribusikan dengan teknik hand delivery system dan google form. Terdapat sebanyak 73 responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini dan telah memenuhi kriteria purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM – PLS) dengan software WarpPLS 3.0. Hasil pengolah data tersebut menunjukkan bahwa levers of control baik (diagnostic control system maupun interactive control system) mampu mempengaruhi kinerja karyawan dan juga mampu mempengaruhi kinerja perbankan) secara langsung. Begitu juga dengan kinerja karyawan mampu mempengaruhi kinerja perbankan. Kinerja karyawan tidak mampu memediasi hubungan pengaruh levers of control terhadap kinerja perbankan. Hasil penelitian ini berkontribusi untuk pengayaan model penelitian serta dapat diimplementasikan dalam perusahaan perbankan.
Downloads
References
Abernethy, M. A., Bouwens, J., dan Van Lent, L., (2010) Leadership and control system design, Management Accounting Research, Vol. 21, No. 1, pp. 2-16.
Adhitama, S., & Aulia, D. R. R. (2017). Analisis penerapan sistem pengendalian manajemen dengan model four levers of control di pusat pendidikan dan pelatihan bea dan cukai. Info Artha, 1(1), 35-46.
Aida, R. N., & Rahmawati, E. (2015). Pengaruh modal intelektual dan pengungkapannya terhadap nilai perusahaan: Efek intervening kinerja perusahaan. Journal of Accounting and Investment, 16(2), 96-109.
Atkinson, A.A., Balakrishnan, R., Booth, P., Cote, J. M., Groot, T., Malmi, T., Roberts, H., Uliana, E., and Wu, A., (1997) New direction in management accounting research, Journal of Management Accounting Research, Vol 9, pp. 79-108.
Bandiyono, A., & Augustine, Y. (2019). Organizational Performance As A Mediation On The Effect Of Levers Of Control And Learning Organization On Tax Compliance. International Journal of Business, Economics and Law–IJBEL.
Chow, C. W., and Van der Stede, W. A., (2006) The use and usefulness of nonfinancial performance measures, Management Accounting Quarterly, Vol. 7, No. 3
Fachrudin, K. A. (2011). Analisis pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan, dan agency cost terhadap kinerja perusahaan. Jurnal akuntansi dan keuangan, 13(1), 37-46.
Fahma, F., Zakaria, R., & Sajiwo, M. H. (2012). Pengukuran Kinerja Perbankan Menggunakan Kriteria Malcolm Baldrige National Quality Award (Studi Kasus Pada PT. Bank XYZ). Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 11(2).
Hair, J., T. Hult, C. Ringle, dan M. Sartstedt. (2013) A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Los Angeles; Sage.
Handayani, A., & Bastian, E. (2017). PENGARUH FLEKSIBILITAS BUDAYA DAN KERANGKA LEVERS OF CONTROL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN. JURNAL RISET AKUNTANSI TIRTAYASA, 2(2), 1-16.
Hartmann, F., Naranjo-Gil, D., & Perego, P. (2010). The effects of leadership styles and use of performance measures on managerial work-related attitudes. European accounting review, 19(2), 275-310.
Hernando, R. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Struktur Inisiasi, Objektif Diagnostik dan Objektif Interaktif Terhadap Kejelasan Tujuan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 18(2), 113-120.
Hernando, Riski, Rezi Abdurrahman, and Eko Prasetyo. "Pengaruh Gaya Kepemimpinan Konsiderasi, Subjektif Diagnostik, Subjektif Interaktif Terhadap Kejelasan Tujuan." Wahana Riset Akuntansi 8, no. 2 (2020): 108-117.
Hernando, R., Prasetyo, E., & Abdurrahman, R. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan struktur inisiasi, subjektif diagnostik, subjektif interaktif terhadap keadilan evaluasi. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 56-66.
Hinkin, T.R., and Schriesheim, C.A., (2015) Leader reinforcement, behavioral integrity, and subordinates outcomes: A social exchange approach, The Leadership Quarterly, Vol 26, pp. 991-1004.
Hopwood, A. G., (1972) An empirical study of the role of accounting data in performance evaluation, Journal of Accounting Research, 10 (3), pp. 156-182.
Ittner, C. D., dan Larcker, D. F., (1998) Innovation in performance measurement: Trends and research implications, Journal of Management Accounting Research, Vol. 10, pp. 205-238.
Kuncoro, M. (2000). Suhardjono. 2002. Manajemen Perbankan Teori dan Aplikasi, 1.
Lee, A., Martin, R., Thomas, G., Guillaume, Y., and Maio, G.R. (2015), “Conceptualizing leadership perceptions as attitudes: Using attitude theory to further understand the leadership processâ€, The Leadership Quarterly, Vol. 26, pp. 910-934.
Manggu, S. A. R. (2018). Analisis Penerapan Four Levers of Control: Studi Kasus PT Jasa Marga (Persero) Tbk.
Manggu, S. A. R., & Dewi, N. S. (2019). ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DI PT. BANK SULSELBAR. Sebatik, 23(2), 414-422.
Marginson, D., McAulay, L., Roush, M., & van Zijl, T. (2014). Examining a positive psychological role for performance measures. Management Accounting Research, 25(1), 63-75.
Niven, P. R. (2001). Balanced scorecard step-by-step: Maximizing performance and maintaining results. John Wiley & Sons.
Nuswandari, C. (2009). Pengaruh corporate governance perception index terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek Jakarta. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 16(2).
Purwoko, D., & Sudiyatno, B. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja bank (Studi empirik pada industri perbankan di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 20(1), 24192.
Putra, B. P. D. (2015). Pengaruh dewan komisaris, proporsi komisaris independen, terhadap kinerja perusahaan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).
Saputra, P. H., Bone, H., & Permatasari, I. (2019). Peran Levers of Control Terhadap Hubungan Antara Perencanaan Strategis dan Kinerja UMKM. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 1(3), 166-174.
Sholihin, M., (2013) How does procedural fairness affect performance evaluation system satisfaction? (evidence from a UK Police Force), Gadjah Mada International Journal of Business, Vol. 15, No. 3, pp. 231-247.
Sholihin, M., dan Ratmono, D., (2013) Analisis SEM –PLS dengan WarpPLS 3.0 Untuk Hubungan Nonlinear Dalam Penelitian Sosial dan Bisnis, Andi, Yogyakarta.
Simons, R. (1994). How new top managers use control systems as levers of strategic renewal. Strategic management journal, 15(3), 169-189.
Simons, R. (1995). Levers of Control (Boston: Harvard Business School Press).
Sudibya, C. N. A dan MD Restuti. 2013. Pengaruh Modal Intelektual terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening. In Seminar Nasional dan Call for Paper (Sancall 2014). Research Methods and Organizational Studies (pp. 154-166).
Taswan, (2002). Manajemen Perbankan Konsep, Teknis & Aplikasi, STIM YKPN, Yogyakarta
Tessier, S., & Otley, D. (2012). A conceptual development of Simons’ Levers of Control framework. Management Accounting Research, 23(3), 171-185.
Widener, S. K. (2007). An empirical analysis of the levers of control framework. Accounting, organizations and society, 32(7-8), 757-788.
Yuniarti, S. (2008). Kinerja efisiensi bank berstratifikasi sesuai dengan visi Arsitektur Perbankan Indonesia. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 12(3), 459-479.
Yukl, G. (2013), Leadership in Organizations, PEARSON.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M. A. Anthony, Besse Wediawati, Rike Setiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.