PENGARUH FAKTOR INDUSTRI (DOMESTIK DAN EKSTERNAL) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PADA INDUSTRI PERTAMBANGAN BATUBARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2021)

Authors

  • Rianto Kurniawan Universitas Jambi
  • Besse Wediawati Universitas Jambi
  • Asep Machpudin Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v13i01.26383

Abstract

Tesis ini diteliti dengan tujuan utama yaitu untuk mengetahui pengaruh faktor industri dari domestik dan eksternal terhadap nilai perusahaan dengan indikator Price to Book Value (PBV), Tobin’s Q dan excess return, yang dimediasi oleh kinerja keuangan dengan indikator Return On Sales (ROS), Return On Assets (ROA), Return On Investment (ROI) dan Return On Equity (ROE). Penelitian ini menyangkut empat belas perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar  di Bursa Efek Indonesia selama kurun waktu 2017 – 2021. Menurut hasil penelitian, faktor industri utama dalam penciptaan nilai perusahaan adalah faktor eksternal yang meliputi harga batubara, harga minyak dan harga gas. Hasil yang menarik bahwa kinerja keuangan secara signifikan berperan sebagai variabel mediasi yaitu memediasi faktor industri terhadap nilai perusahaan. Kesimpulan penelitian memungkinkan akademisi dan praktisi untuk merumuskan teori tentang pemantauan dan perlindungan nilai dari risiko harga komoditi, meningkatkan dan memperkuat hubungan dengan para pemasok, dan  mengembangkan hubungan dengan pemangku kepentingan internal dan eksternal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Kurniawan, R. ., Wediawati, B. ., & Machpudin, A. (2024). PENGARUH FAKTOR INDUSTRI (DOMESTIK DAN EKSTERNAL) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PADA INDUSTRI PERTAMBANGAN BATUBARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2021). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(01), 95-108. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i01.26383

Most read articles by the same author(s)