PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP INKLUSI KEUANGAN (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JAMBI)
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v11i04.21796Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Literasi Keuangan dan financial technology terhadap inklusi keuangan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi dan dengan tekhnik purposive sampling diperoleh sebanyak 102 sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan skala likert 4 poin. Teknik pengujian data menggunakan partial least square dengan Software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Inklusi keuangan, dan financial technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap Inklusi keuangan. Literasi keuangan dan financial technology berpengaruh sebesar 77,5% terhadap inklusi keuangan.
Downloads
References
Aaron, M., Rivadeneyra, F., & Samantha, F. (2017). Fintech: Is This Time Different? A Framework for Assessing Risks and Opportunities for Central Banks. Bank of Canada Staff Discussion Paper, No. 2017-1(Bank of Canada, Ottawa).
Anwar, K., & Amri. (2017). Pengaruh Inklusi Keuangan Terhadap PDB Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 2(3), 454–462.
Bank Indonesia. (2017). Kajian Stabilitas Keuangan: Mitigasi Risiko Sistemik Melalui Penguatan Koordinasi Antar Institusi di Tengah Konsolidasi Perekonomian Domestik. Kajian Stabilitas Keuangan, 28.
Fahlefi, R. (2018). Inklusi Keuangan Syariah Melalui Inovasi Fintech di Sektor Filantropi. Batusangkar International Conference III, 205–212.
Global Financial Development Report : Financial Inclusion. (2014). In Global Financial Development Report : Financial Inclusion. https://doi.org/10.1596/978-0-8213-9985-9
Grohmann, A., Kllhs, T., & Menkhoff, L. (2017). Does Financial Literacy Improve Financial Inclusion? Cross Country Evidence. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3034178
Hadi, S. (1991). Analisis Butir untuk Intrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai. FP UGM.
Hutabarat, F., & Purwanto, B. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan dan Financial technology Terhadap Inklusi Keuangan Pada Masyarakat Jabodetabek. Institut Pertanian Bogor, 1–41.
Indonesia, B. (2020). Teknologi Financial (Fintech).
Mindra, R., & Moya, M. (2017). Financial Self-Efficacy: A Mediator in Advancing Financial Inclusion. An International Journal, 36(2), 128–149. https://doi.org/10.1108/EDI-05-2016-0040
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.
OJK. (2016). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Tahun 2016 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan/atau Masyarakat.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2016 Tentang Strategi Nasional Inklusi keuangan. (n.d.).
POJK Nomor 76/POJK.07/2016. (n.d.).
Pulungan, D. R., & Ndururu, A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Modal Sosial Terhadap Inklusi Keuangan Mahasiswa. Seminar Nasional & Call Paper Seminar Bisnis Magister Manajemen 2019, 2685–1474, 132–142.
Rodrigues, L. F., Oliveira, A., Rodrigues, H., & Costa, C. J. (2019). Assessing consumer literacy on financial complex products. Journal of Behavioral and Experimental Finance. https://doi.org/10.1016/j.jbef.2019.02.005
Saputra, R. S., & Dewi, A. S. (2017). Peran Modal Sosial Sebagai Mediator Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Pada Kaum Muda di Indonesia (Studi Kasus pada Komunitas Investor Saham Pemula). Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(3), 243. https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i3.3064
Thohir, E. (2021). Ekosistem Fintech di Indonesia (M. Akbar, S. Rinaldi, F. Nova, & W. Mumpuni (Eds.)). PT. Kaptain Komunikasi Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Besse Wediawati, Risa Liska, Asep Machpudin, Muhammad Aqil Miftahul Huda Khaza, RTS Ratnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.