Pemanfaatan Media Sosial Facebook dalam Penyebaran Informasi Transportasi ke Publik

Penulis

  • Maudhy Satyadharma Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara
  • La Ode Elwan Universitas Halu Oleo
  • Zulfikar Putra Universitas Sembilan Belas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.22437/titian.v7i2.29580

Kata Kunci:

Media Sosial, Komunikasi Pembangunan, Facebook, Transportasi

Abstrak

Social media has now become one of the basic needs for society in fulfilling information. One of the information media that is often used is Facebook. This research focuses on the use of social media Facebook by the Indonesian Ministry of Transportation in disseminating information on transportation sector development to the public. The results of the research found that the Indonesian Ministry of Transportation's Social Media admin was optimal in utilizing Facebook social media as a means of public information with the finding of 1 content a day in the period August-October 2023. However, it was found that the level of public interaction on the Ministry of Transportation's Facebook Account was quite low with comments of visitors continues to show a decline in numbers. This is because people prefer other social media platforms, namely Instagram, which is also owned by the Indonesian Ministry of Transportation.

Abstrak

Media sosial saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat dalam pemenuhan informasi. Salah satu media informasi yang sering digunakan adalah Facebook. Penelitian ini memfokuskan pada pemanfaatan media sosial Facebook oleh Kementerian Perhubungan RI dalam penyebarluasan informasi pembangunan sektor transportasi kepada masyarakat. Hasil penelitian menemukan bahwa admin Media Sosial Kemenhub RI sudah optimal dalam memanfaatkan media sosial Facebook sebagai sarana informasi publik dengan temuan 1 konten sehari dalam rentang periode Bulan Agustus-Oktober 2023. Namun demikian ditemukan bahwa tingkat interaksi masyarakat dalam Akun Facebook Kemenhub ini cukup rendah dimana komentar dari pengunjung terus menerus memperlihatkan penurunan jumlah. Hal ini disebabkan masyarakat lebih menyenangi platform media sosial lainnya yaitu Instagram yang juga dimiliki oleh Kemenhub RI.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adrian, A., & Sulistyorini, S. (2022). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Selama pandemi Covid-19. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1), 63-70.

Antoni, R. (2019). Strategi Komunikasi Humas Kota Bandung Melalui Media Sosial Instagram Dalam meningkatkan Citra Pemerintah Kota Bandung. unikim.ac.id. Diambil kembali dari https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1568/

Budiana, R., Sjoraida, F., Mariana, D., & Priyatna, C. (2016). Culture and Media Studies The use of Social Media by Bandung City Goverment in Increasing Public Participation. Proceeding of the 3 rd Confrence on Communication, 63-70.

Fauzi, M., & Yuliati, N. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Upaya Edukasi Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 148-155.

Fitriani, & Yuni. (2017). Analisis Pemanfaatan Berbagai media Sosial Sebagai sarana Penyebaran Informasi Bagi Masyarakat. Paradigma, 19(2).

Giovany, A., & Kaligis, R. (2022). Pengaruh Terpaan Berita Vaksin Covid-19 di Kompas.com terhadap Persepsi Vaksinasi di Kalangan Generasi Z. Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications), 1(1), 1-9.

Hado, Mahdar, & Satyadharma, M. (2023). Analisis Pesan Rendahnya Kesadaran Berlalu Lintas Pada kanal Youtube Laeku. Medialog Jurnal Ilmu Komunikasi, VI(II).

Juanda, H. (2017). Media Sosial Sebagai Penyebarluasan Informasi Pemerintah aceh. Jurnal Peurawi, 1(1).

Khoiri, Fathrul, A., Palupi, & Rety. (2019). Pemanfaatan Media sosial Kotamadya Jakarta Utara Sebagai Media Publikasi Kepada Publik Eksternal. Syantax Idea, 1(6).

Maharani, Erina, V., & Amalia, D. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi dan Informasi Pemerintah Kota Semarang. e-Proceeding of Management, 7(2), 4566.

Murphy, J., Link, M., Childs, J. H., Tesfaye, C. L., Dean, E., Stern, M., . . . Harwood, P. (2014). Social media in Public Opinion Research: Executive Summary of the AAPOR task force on emerging technologies in public opinion research. Public Opinion Quarterly, 78(4), 788-794. doi:https://doi.org/10/1093/poq/nfu053

Nasullah, & Ruli. (2015). Media Sosial: Perspketif Komunikasi, Budaya dan Sositeknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Novianti, & Evi. (2020). Pemanfaatan Media sosial dalam Penyebaran Infomrasi Program Pemerintah (Studi Kasus Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran). Jurnal Komunikasi dan Penyiaran islam, 11(1), 48-59.

Pertiwi, W. (2019). Facebook Jadi Medsos paling Digemari di Indonesia. Kompas.com. Diambil kembali dari https://tekno.kompas.com/read/2019/02/05/11080097/facebook-jadi-medsos-paling-digemari-di-Indonesia

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Remaja. Jurnal Communication, VII(I).

Ramadhani, R., & Prihantoro, E. (2020). Development Communication Startegy by Bojonegoro District Goverment on applying Nawacita and Sustainable development Goals. Jurnal komunikasi Pembangunan, 18(2), 117-129. doi:https://doi.org/10.46937/18202028913

Sampurno, M., Kusumandyoko, T., & Isalam, M. (2020). Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat dan Pandemic Covid 19. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i, 7(5), 529-542.

Surid. (2019). Pemanfaatan Media Komunikasi dan Informasi dalam Perwujudan Pembangunan Nasional. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 177-187. doi:https://doi.org/10.46937/17201926848

Syahpitra, B., Rohani, L., & Devianty, R. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Komunikasi Pembangunan di Kota Medan. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi dan Pendidikan, 2(3), 1047-1054. doi:https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i3.720

Undang-Undang. (2018). Undang-Undang Nomor: 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Wilantika, N., & Wibisono, S. B. (2021). Evaluating the quality of public services through social media. Asian Journal for Public Opinion Research, 9(3), 240-265. doi:https://doi.org/10.15206/ajpor.2021.9.3.240

Wirga, E. (2016). Analisis Konten Pada Media sosial Video Youtube Untuk Mendukung Strategi Kampanye Politik. Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, 21(1), 14-26.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-01

Cara Mengutip

Satyadharma, M., Elwan, L. O., & Putra, Z. . (2023). Pemanfaatan Media Sosial Facebook dalam Penyebaran Informasi Transportasi ke Publik . Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 7(2), 347-358. https://doi.org/10.22437/titian.v7i2.29580

Terbitan

Bagian

Articles