Antara “Aku” dan Facebook: Kontruksi Pesan dalam Foto Profil di Media Sosial

  • Eva Yanti Institut Seni Indonesia Padang Panjang
  • Cameron Malik Institut Seni Padang Panjang

Abstract

Penelitian ini menelusuri perwujudan pesan berupa citra “aku” yang dikontruksi di dalam foto profil media sosial. Foto profil sendiri merupakan representasi dari diri pengguna media sosial yang diwujudkan dalam bahasa visual, yaitu bahasa fotografi. Namun jika dilihat lebih jauh lagi, foto profil tidak hanya sebuah gambar “mati” yang hampa akan makna, tetapi sebaliknya, foto profil merupakan wadah/media pengantar pesan dan tempat citra seseorang atau “aku” diproduksi, foto profil merupakan sebuah medan tempat seseorang mengkomunikasikan ke “aku”annya kepada orang lain. Metode penelitian yang dipakai yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika interpretatif, perwujudan dari data-data yang diperoleh dari metoda penelitian kualitatif berbentuk wawancara, pengamatan, terlibat langsung atau participan, kepustakaan dan data berbentuk visual yang disediakan beberapa platform seperti facebook dan Instagram. Prinsip dasar dari foto profil adalah kebebasan dalam medium foto itu sendiri, konsekuensi dari kebebasan itu membuka peluang akan hadirnya kemungkinan-kemungkinan dalam mengkontruksi pesan ataupun merepresentasikan citra “aku”. Dalam perwujudannya foto profil dapat dibedakan menjadi dua bentuk yaitu foto profil yang menggambarkan “aku” secara ikonis dan menggambarkan “aku” secara metaforis.

Kata kunci: bahasa visual; pesan; foto profil;  media sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir Piliang, Yasraf. Hipersemiotika: Tafsir cultural studies atas matinya makna. Jalasutra: Yogyakarta. 2003.

Budi Hardiman, F. Heidegger dan mistik keseharian: suatu pengantar menuju sein und zeit. KPG: Jakarta. 2008.

Barthes, Roland. Imaji Musik Teks.: Analisi Semiologi Atas Fotografi, Iklan, Film, Musik, Alkitab, Penulisan dan pembacaan serta kritik sastra. Terj, Agustinus Hartono. Jalasutra: Yogyakarta. 2010.

Barthes, Roland. Elemen-elemen Semiologi. Terj, Kahfie Nazaruddin. Jalasutra: Yogyakarta. 2012

Baumeister, R. F. (1997). Identity, Self-Concept, and Self-Esteem. In J. A. R. Hogan (Eds.), Handbook of Personality Psychology (pp. 681-709). San Diego, CA, US: Academic Press.

Capra, Fritjof . The Hidden Connections: Strategi Sistemik melawan kapitalisme baru. Terj: Andya Primanda. Jalasutra: Yogyakarta. 2009.

Eco, U. (2009). Teori Semiotika: Signifikasi Komunikasi, Teori Kode serta Teori Produksi-Tanda. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Elda Franzia, Y. A. (2015). Representasi Identitas Melalui Komunikasi Visual dalam Komunitas Virtual Palanta Urang Awak Minangkabau. Panggung, 379-390.

Gahral Adian, Donny. Pengantar Fenomenologi. Koekoesan: Depok, 2010.

Giddens, Anthony. Teori strukturasi: dasar-dasar pembentukan struktur sosial masyarakat. Terj: Maufur & Daryatno. Pustaka Pelajar: Yogyakarta. 2010.

Lacan, Jacques. Diskursus dan Perubahan sosial: pengantar kritik budaya psikoanalisis. Jalasutra: Yogyakarta. 2009.

Lathief, Supaat l. Psikologi Fenomenologi Eksistensialisme. Pustaka Pujangga: Lamongan. 2010.

Mira Sutrisna, S. S. (2015). Representasi Foto Keluarga: Ekspresi Seni Kontemporer pada Abad Ke-21. Panggung, 279-291.

Tedjoworo, H.. Imaji dan Imajinasi: Suatu telaah filsafat postmodern. Kanisius: Yogyakarta. 2001.

Tjaya, T. H. (2012). Enigma Wajah Orang Lain: Menggali Pemikiran Emmanuel Levinas. Jakarta: KGP (Kepustakaan Populer Gramedia).

Sunardi, St. Semiotika Negativa. Buku Baik: Yogyakarta. 2004.

Sunardi, St. Vodka dan Birahi Seorang “Nabi”. Jalasutra: Yogyakarta. 2012.

Stephens-Davidowitz, S. (2017). Everybody Lies: Big Data dan Apa Yang Diungkapkan Internet Tentang Siapa Kita Sesungguhnya. Jakarta: Gramedia.

Ricouer, Paul. Hermeutika Ilmu Sosial. Terj, Muhammad Sukri. Kreasi Wacana: Yogyakarta. 2009.

Santosa. Komunikasi Seni: aplikasi dalam ertunjukan gamelan. ISI Press Surakarta: Surakarta. 2011.

Marcell, Gabriel. Misteri eksistensi: Menyelami makna keberadaan. Terj, Agung Prihantoro. Kreasi Wacana: Yogyakarta. 2005

Published
2020-06-16
How to Cite
Yanti, E., & Malik, C. (2020). Antara “Aku” dan Facebook: Kontruksi Pesan dalam Foto Profil di Media Sosial. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 4(1), 74-89. https://doi.org/10.22437/titian.v4i1.9508
Section
Articles