Antara “Aku†dan Facebook: Kontruksi Pesan dalam Foto Profil di Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.22437/titian.v4i1.9508Abstract
Penelitian ini menelusuri perwujudan pesan berupa citra “aku†yang dikontruksi di dalam foto profil media sosial. Foto profil sendiri merupakan representasi dari diri pengguna media sosial yang diwujudkan dalam bahasa visual, yaitu bahasa fotografi. Namun jika dilihat lebih jauh lagi, foto profil tidak hanya sebuah gambar “mati†yang hampa akan makna, tetapi sebaliknya, foto profil merupakan wadah/media pengantar pesan dan tempat citra seseorang atau “aku†diproduksi, foto profil merupakan sebuah medan tempat seseorang mengkomunikasikan ke “akuâ€annya kepada orang lain. Metode penelitian yang dipakai yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika interpretatif, perwujudan dari data-data yang diperoleh dari metoda penelitian kualitatif berbentuk wawancara, pengamatan, terlibat langsung atau participan, kepustakaan dan data berbentuk visual yang disediakan beberapa platform seperti facebook dan Instagram. Prinsip dasar dari foto profil adalah kebebasan dalam medium foto itu sendiri, konsekuensi dari kebebasan itu membuka peluang akan hadirnya kemungkinan-kemungkinan dalam mengkontruksi pesan ataupun merepresentasikan citra “akuâ€. Dalam perwujudannya foto profil dapat dibedakan menjadi dua bentuk yaitu foto profil yang menggambarkan “aku†secara ikonis dan menggambarkan “aku†secara metaforis.
Kata kunci: bahasa visual; pesan; foto profil; media sosial