Analisis Teori-Teori Kesantunan Berbahasa untuk Pengayaan Bahan Ajar Mata Kuliah Berbicara
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan prinsip-prinsip dan teori-teori kesantunan berbahasa untuk pengayaan bahan ajar mata kuliah berbicara pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi. Datanya berupa pandangan para ahli linguitik tentang prinsip-prinsip dan teori-teori kesantunan berbahasa ditelusuri di berbagai media cetak maupun elektronik, terutama sekali dalam bentuk buku dan jurnal ilmiah terakreditasi nasional/internasional. Data prinsip dan teori-teori kesantunan berbahasa yang didapatkan itu dianalisis dan diidentifikasi berdasarkan sumber penemu dan sumber rujukannya. Hasil penelitian menunjukkan ada banyak ahli linguistik yang mengemukakan prinsip-prinsip dan teori-teori kesantunan berbahasa yang dianggap cocok dan relevan dijadikan sumber pengayaan bahan ajar mata kuliah berbicara, yaitu teori Brown dan Levinson (1987), teori Leec dan Grice (1993), dan teori Rahardi (2005).
Kata Kunci: Teori kesantunan, bahan ajar berbicara.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Akhyaruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.