Analisis Morfofonemik Bahasa Melayu Jambi sebagai Pengembangan Bahan Ajar Morfologi Bahasa Indonesia

Main Article Content

Akhyaruddin Akhyaruddin
Ageza Agusti
Hilman Yusra

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar morfologi bahasa Indonesia dengan menambahkan bahasa Melayu Jambi sebagai muatan lokal. Hal ini dilandasi oleh perubahan visi dan misi Prodi yang terimplikasikan dalam kurikulum yang belum diiringi dengan tersedianya sumber belajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dan kebutuhan mahasiswa. Kebutuhan bahan ajar yang relevan dengan kurikulum dan kebutuhan mahasiswa didapatkan dengan menggunakan studi lapangan, kepustakaan, angket, dan wawancara terbuka. Hasilnya, mahasiswa membutuhkan materi yang berkaitan morfologi khususnya morfofonemik. Materi baru tersebut ditambah dengan materi yang sudah ada dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan bahan ajar. Pengembangan bahan ajar dimulai dengan tahap analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, evaluasi, dan revisi. Selanjutnya, hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi morfologi Bahasa Indonesia. Untuk menguji pemahaman mahasiswa terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan, dilakukan uji coba kepada mahasiswa sebagai pengguna. Uji coba ini memperlihatkan hasil bahwa mahasiswa memahami dengan baik bahan ajar yang telah disusun. 


 Kata kunci: bahan ajar, morfologi, pengembangan


Abstract


This research aimed to develop Indonesian morphology learning material along with Malay language as local content. This idea based on the Indonesian study program of faculty of teacher training and education’s revolution of vision and mission that implied from the curriculum with the lack of availability of learning material that accordance with curriculum demand and students’ need. The need of learning material that revelant with curriculum and students’ need was gotten by using field study, literature review, questionnaire, and open-ended interview. In result, students need material that related with morphology, especially morphophonemic. This new learning material was added by the existence material and be developed according to the procedure of developing learning material. The material development begun with need analysis stage, design stage, development stage, evaluation stage, and revision. Next, the result of material development be validated by morphology expert of Bahasa Indonesia. To assess students’ understanding towards the learning ma terial that had been developed, the try out was implemented to the students as book users.  This implementation showed that students understood the learning material that had been developed very well.


Keyword: learning material, morphology, development

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Akhyaruddin, A., Agusti, A., & Yusra, H. (2020). Analisis Morfofonemik Bahasa Melayu Jambi sebagai Pengembangan Bahan Ajar Morfologi Bahasa Indonesia. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(2), 56-67. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/7641
Section
Vol 9 No 2 Desember 2019 Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra