Hubungan Penguasaan Teori Berita dengan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan penguasaan teori berita dengan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP. Rendahnya kemampuan menulis teks berita siswa berkaitan pula dengan rendahnya penguasaan teori berita siswa yang ditunjukkan dari hasil tugas harian pada pembelajaran menulis teks berita. Selain itu, penelitian ini mendeskripsikan hasil penguasaan teori berita dan kemampuan menulis teks berita siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif pada jenis penelitian survey dengan analisis korelasional. Hasil penelitian ini berdasarkan pada uji coba instrumen, uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis dan uji signifikansi. Rata-rata nilai penguasaan teori berita siswa adalah 65,48 dengan kategori cukup baik, rata-rata nilai kemampuan menulis teks berita siswa adalah 71,7 dengan kategori baik, serta ada hubungan yang signifikan antara penguasaan teori berita dengan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP sebesar 0,970 dengan kategori sangat kuat dan koefisien determinasi sebesar 94% (> yaitu 0,970 > 0.297. N= 44 taraf signifikansi 5%= 0,297). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguasaan teori berita dengan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP.
Kata kunci: hubungan, penguasaan teori, kemampuan menulis, teks berita
Abstract
This research aimed to describe correlation of news theory mastery with the ability to write news texts of students Junior High School on classVIII. In addition, this research describes the results of news theory mastery and the students ability to write news texts. This research is included in quantitative research on the type of survey research with correlational analysis. The results of this study are based on instrument testing, normality test, linearity test, hypothesis test and significance test. The average mastery value of student news theory is 65.48 with a fairly good category, the average value of the ability to write student news text is 71.7 with a good category, and there is a significant correlation between mastery of news theory with the ability to write news texts class VIII of Junior High School students at 0.970 with a very strong category and a determination coefficient of 94% (r_count> r_tabel which is 0.970> 0.297. Rtable N = 44 levels significance of 5% = 0.297). It can be concluded that there is a significant relation between the mastery of news theory and the ability to write news texts of students class VIII on Junior High School.
Keywords: correlation, theory mastery, writing ability, news text
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2020-04-01 (1)
- 2020-04-01 (1)