Kualitas Paragraf pada Tulisan Esai Argumentatif dan Pola Penalarannya: Kajian di Sekolah Menengah Atas (SMA)

Main Article Content

Herman Budiyono

Abstract

Abstrak


Pembelajaran menulis berpendekatan autentik, materinya dapat digali dari tulisan siswa. Tulisan siswa tersebut dapat dikaji berdasarkan kualitas dan pola penalarannya, sehingga hasil deskripsi kajiannya dapat dipakai sebagai rujukan materi pembelajaran menulis. Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mendeskripsikan kualitas paragraf tulisan esai argumentatif siswa SMAN-KMJ dan pola penalarannya. Penelitian ini menggunakan rancangan “deskriptif kuantitatifâ€. Populasi penelitian ini semua tulisan siswa SMAN-KMJ. Sampel penelitiannya adalah tulisan siswa kelas-2 SMAN I; kelas-2 SMAN III; dan kelas-2 SMAN XI. Langkah-langkah analisis penelitian ini sebagai berikut: pencarian distribusi frekuensi sesuai kualitas tulisan esai argumentatif dan pola penalarannya; pengategorian distribusi berdasarkan pola penalarannya; dan persentase tiap-tiap pola penalaran tersebut. Hasil penelitian mununjukkan, paragraf pada tulisan esai argumentatif siswa SMAN-KMJ, berkualitas Sangat Baik (SB): 0%; Baik (B): 4,25%; Cukup Baik (CB): 31,91%; Kurang Baik (KB): 51,96%, dan Tidak Baik (TB): 12,76%). Pola penalaran yang digunakan pada paragraf tersebut adalah: pola perbandingan dan pertentangan (PP): 1,72%; pola pemberian contoh (PC): 25,86%; pola sebab-akibat (SA): 63,79%; dan pola umum-khusus atau khusus-umum (UK): 8,62%.


 


Kata Kunci: kualitas, tulisan esai, argumentatif, pola penalaran


 


Abstract


Learning to write has an authentic approach, the material can be extracted from students' writing. The student's writing can be reviewed based on the quality and pattern of reasoning, so that the results of the description of the study can be used as a reference for writing learning material. This study aims to examine and describe the quality of paragraphs in the argumentative essay writing of students of SMAN-KMJ and their reasoning patterns. The design of this research is "quantitative descriptive". The population of this research is all writing by SMA-KMJ students. The research sample was the writing of the 2nd grade students of SMAN I; 2 SMAN III; and SMAN XI. The steps of this research analysis are as follows: searching for the frequency distribution according to the quality of the argumentative essay writing and the reasoning pattern; distribution categorization based on reasoning patterns; and the percentage of each of these reasoning patterns. The results showed that the paragraphs in the argumentative essays of SMA-KMJ students had very good quality: 0%; Good: 4.25%; Good Enough: 31.91%; Poor: 51.96%, and Not Good: 12.76%). The reasoning patterns used in the paragraph are: comparison and contradiction patterns: 1.72%; pattern of example: 25.86%; causal pattern: 63.79%; and general-special or special-general pattern: 8.62%.


 


Keywords: quality, essay writing, argumentative, reasoning patterns

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Budiyono, H. (2020). Kualitas Paragraf pada Tulisan Esai Argumentatif dan Pola Penalarannya: Kajian di Sekolah Menengah Atas (SMA). Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(1). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/10233
Section
Vol. 10, No. 1 Juli 2020, Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra

Most read articles by the same author(s)