ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI TBS (STUDI PADA PETANI KELAPA SAWIT DESA SUKARAME BARU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA)

Authors

  • Widya Syaputri Universitas Islam Negeri Sumatera utara
  • Maidalena Maidalena Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Ikhsan Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v13i03.36823

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi Tandan Buah Segar (TBS) di Desa Sukarame Baru, Kabupaten Labuhanbatu Utara, dengan fokus pada pengaruh harga jual dan luas lahan. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah fluktuasi harga jual dan terbatasnya luas lahan, yang mempengaruhi pendapatan petani dan produksi TBS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling untuk menentukan sampel dari petani kelapa sawit di desa tersebut. Variabel independen pada penelitian ini adalah Harga Jual (X1) dan Luas Lahan (X2). Sedangkan yang menjadi variabel dependen adalah Produksi TBS (Y). Populasi dalam penelitian adalah 401.863 penduduk kabupaten Labuhan Batu Utara pada tahun 2023. Dengan sampel sebanyak 60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga jual TBS dan luas lahan memiliki pengaruh signifikan terhadap produksi TBS. Uji regresi linear berganda mengungkapkan bahwa harga jual berkontribusi positif terhadap produksi, dengan koefisien regresi sebesar 0,481, dan luas lahan juga berpengaruh positif dengan koefisien 0,380. Kestabilan harga jual memotivasi petani untuk meningkatkan perawatan tanaman dan investasi, sementara harga yang fluktuatif dapat mengurangi motivasi dan kualitas perawatan. Luas lahan yang terbatas membatasi potensi produksi, karena petani tidak dapat menambah jumlah tanaman secara signifikan. Uji t menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut, harga jual dan luas lahan, berpengaruh signifikan secara parsial terhadap produksi TBS. Uji F mengonfirmasi bahwa kedua variabel independen secara simultan mempengaruhi produksi TBS dengan nilai signifikansi 0,000, menunjukkan hubungan yang kuat. Uji koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa 45,7% variasi produksi dapat dijelaskan oleh harga jual dan luas lahan. Dengan demikian, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya kestabilan harga jual dan perluasan lahan dalam meningkatkan produksi kelapa sawit di Desa Sukarame Baru, serta menyarankan perlunya kebijakan yang mendukung kestabilan harga dan pengembangan lahan pertanian untuk kesejahteraan petani.

Kata Kunci : Harga Jual, Luas Lahan, Produksi, Kelapa Sawit, TBS

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-08

How to Cite

Syaputri, W. ., Maidalena, M., & Harahap, M. I. . (2024). ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI TBS (STUDI PADA PETANI KELAPA SAWIT DESA SUKARAME BARU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(03), 680-693. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i03.36823