ANTECEDENT KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA DI PROVINSI JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v13i03.32040Abstract
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, masih terdapat angka pengangguran yang tinggi, pertumbuhan ekonomi yang melambat, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berfluktuasi rendah, dan dominanitas usia produktif. Membuka akses lapangan pekerjaan dengan menghadirkan wirausaha muda baru dan bertahan merupakan salah satu langkah strategis, hanya saja saat ini wirausaha muda baru serta bertahan masih jauh dari target seharusnya. Menghadirkan dan perlu memperluas kerjasama lintas sektor antara pendidikan tinggi, kurikulum, pemerintah, stakeholder, serta unsur terkait lainnya untuk menciptakan program-program yang dapat menstimulasi faktor internal dan eksternal diri individu sehingga menimbulkan sikap positif serta niat untuk berwirausaha. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian korelasional. Pengumpulan data dengan survei menggunaakan angket. Sampel pada penelitian ini sebanyak 310 mahasiswa negeri di Provinsi Jambi dengan kriteria populasi secara purposive sampling. Penelitian ini menunjukan bahwa direct effect variabel berpangaruh positif signifikan dengan koefisien nilai p-value lebih kecil dari 0.05, Hanya variabel media sosial terhadap keputusan berwirausaha yang tidak signifikan dengan koefisien nilai p-value lebih besar dari 0.05. Secara inderect effect Keseluruhan Niat Berwisusahaa dapat memediasi hubungan Media sosial dan Modal Psikologi terhadap Keputussan Berwirausaha berdasakan koefisien nilai p-value dibawah 0.05. Modal psikologi dan media sosial yang dimediasi niat berwirausaha memberikan pengaruh terhadap sikap serta keputusan untuk berwirausaha sehingga perlunya menghadirkan kolaborasi lintas sektor serta kerjasama strategis untuk menciptakan program tepat sasaran terkait wirausaha untuk mahasiswa.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, masih terdapat angka pengangguran yang tinggi, pertumbuhan ekonomi yang melambat, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berfluktuasi rendah, dan dominanitas usia produktif. Membuka akses lapangan pekerjaan dengan menghadirkan wirausaha muda baru dan bertahan merupakan salah satu langkah strategis, hanya saja saat ini wirausaha muda baru serta bertahan masih jauh dari target seharusnya. Menghadirkan dan perlu memperluas kerjasama lintas sektor antara pendidikan tinggi, kurikulum, pemerintah, stakeholder, serta unsur terkait lainnya untuk menciptakan program-program yang dapat menstimulasi faktor internal dan eksternal diri individu sehingga menimbulkan sikap positif serta niat untuk berwirausaha. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian korelasional. Pengumpulan data dengan survei menggunaakan angket. Sampel pada penelitian ini sebanyak 310 mahasiswa negeri di Provinsi Jambi dengan kriteria populasi secara purposive sampling. Penelitian ini menunjukan bahwa direct effect variabel berpangaruh positif signifikan dengan koefisien nilai p-value lebih kecil dari 0.05, Hanya variabel media sosial terhadap keputusan berwirausaha yang tidak signifikan dengan koefisien nilai p-value lebih besar dari 0.05. Secara inderect effect Keseluruhan Niat Berwisusahaa dapat memediasi hubungan Media sosial dan Modal Psikologi terhadap Keputussan Berwirausaha berdasakan koefisien nilai p-value dibawah 0.05. Modal psikologi dan media sosial yang dimediasi niat berwirausaha memberikan pengaruh terhadap sikap serta keputusan untuk berwirausaha sehingga perlunya menghadirkan kolaborasi lintas sektor serta kerjasama strategis untuk menciptakan program tepat sasaran terkait wirausaha untuk mahasiswa.
Downloads
References
Abdillah, W., & Jogiyanto. (2009). Partial Least Square (PLS) Alternatif SEM dalam Penelitian Wirausaha. Yogyakarta: Andi Offset.
Acemoglu, D., & Restrepo, P. (2018). "The Race between Man and Machine: Implications of Technology for Growth, Factor Shares, and Employment." American Economic Review, 108 (6): 1488-1542.
Ajzen, I. (2012). The theory of planned behavior. Handbook of Theories of Social Psychology: Volume 1, January 2012, 438–459. https://doi.org/10.4135/9781446249215.n22
Amofah, K., & Saladrigues, R. (2022). Impact of attitude towards entrepreneurship education and role models on entrepreneurial intention. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 11.
Anwar, K., Sari, N., Friyatmi, F., & Evanita, S. (2023). The Influence Of Social Capital And Psychology Capital On Entrepreneurial Intention With Entrepreneurial Orientation As A Mediating Variable In Vocational Education Students At Man 1 Bukittinggi. Jurnal Apresiasi Ekonomi.
Arroyo-Barrigüete, J.L., Escudero-Guirado, C., & Minguela-Rata, B. (2023). Factors influencing the social perception of entrepreneurs in Spain: A quantitative analysis from secondary data. PLOS ONE, 18.
Autor, D., & Acemoglu, D. (2022). Technology and the Future of Economic Growth. Journal of Economic Perspectives, 36(1), 3-26. https://doi.org/10.1257/jep.36.1.3
Badan Pusat Statistik (2019) Laporan Perekonomian Indonesia Tahun 2019. Diakses dari https://www.bps.go.id/publication/2019/09/16/7cc68afc43aa0d8b9e8eaf47/laporan-perekonomian-Indonesia-2019.html
Badan Pusat Statistik (2022) Indeks Pembangunan Manusia (IPM) . Diakses pada website resmi pada tanggal 11/11/23 pukul 21.00 WIB https://www.bps.go.id/publication/2023/05/16/ef80bec78ab91cb5b703b943/indeks-pembangunan-manusia-2022.html
Badan Pusat Statistik (2023) Provinsi Jambi dalam Angka 2023. https://jambi.bps.go.id/publication/2023/02/28/c08fe50438279b275b30fcf6/provinsi-jambi-dalam-angka-2023.html
Badan Pusat Statistik (2023). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2023. Berita Resmi Statistik No. 77/11/Th. XXVI, 6 November 2023. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2023/11/06/2002/
Badan Pusat Statistik (2023). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Diakses pada website resmi pada tanggal 11/11/23 pukul 20.30 WIB https://www.bps.go.id/website/materi_ind/materiBrsInd-20231106141642.pdf
Badan Pusat Statistik (2023). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022. Diakses darihttps://www.bps.go.id/publication/2023/
Badan Pusat Statistik.(2021). Sensus Penduduk Indonesia Tahun 2020. Diakses dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020
Baluku, M. M., Kikooma, J. F., Bantu, E., & Otto, K. (2018). Psychological capital and entrepreneurial outcomes: the moderating role of social competences of owners of micro-enterprises in East Africa. Journal of Global Entrepreneurship Research, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40497-018-0113-7
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W H Freeman/Times Books/ Henry Holt & Co.
Boehm, N. (2019). Stuck on social media: Predicting young adults’ Niat Berwirausaha to limit social media use. The Journal of Social Media in Society, 8(2), 143–166. https://thejsms.org/index.php/JSMS/article/view/506/317%0Ahttps://thejsms.org/index.php/JSMS/article/view/506
Bronfenbrenner, U. (1995). Developmental ecology through space and time: A future perspective. In P. Moen, G. H. Elder, Jr., & K. Lüscher (Eds.), Examining lives in context: Perspectives on the ecology of human development (pp. 619–647). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/10176-018
Brown, C., & Williams, S. (2019). Social Media and Customer Relationship Management in Small Businesses. International Journal of Business Studies, 8(3), 45-58.
Carvalho, L.M., Mavlutova, I., Lešinskis, K., & Dias, R. (2021). Entrepreneurial perceptions of students regarding business professional career: The study on gender differences in Latvia. Economics & Sociology.
Chen, M., Mi, X. M., Xue, J., Li, Y., & Shi, J. (2023). The impact of entrepreneurial team psychological capital on innovation performance: The mediating role of knowledge sharing and knowledge hiding. Frontiers in Psychology, 14(March), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1133270
Chen, M., Mi, X., Xue, J., Li, Y., & Shi, J. (2023). The impact of entrepreneurial team psychological capital on innovation performance: The mediating role of knowledge sharing and knowledge hiding. Frontiers in Psychology, 14.
Coduras, A., Velilla, J., & Ortega, R. (2018). Age of the entrepreneurial decision: Differences among developed, developing, and non- developed countries. Economics and Business Letters, 7, 36-46.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Fifth edition. Los Angeles, SAGE.
Cui, J. (2021). The Influence of Entrepreneurial Education and Psychological Capital on Entrepreneurial Behavior Among College Students. Frontiers in Psychology, 12.
Dhir, A., Kaur, P., & Rajala, R. (2018). Why do people use location-based dating apps? A hedonic framework. Computers in Human Behavior, 76, 130–137. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.07.025
Eisenhardt, K. M., & Tabrizi, B. N. (2019). Accelerating Adaptive Strategy Execution: Agile Practices for Transformation. California Management Review, 61(2), 57–83. https://doi.org/10.1177/0008125618824715
Entrialgo, M., & Iglesias, V. (2020). Entrepreneurial Niat Berwirausaha among University Students: The Moderating Role of Creativity. European Management Review.
Exakusto, T.V., Kibalchenko, I., & Kompaniets, V.S. (2015). Personality Profiles of Young People-Potential Entrepreneurs. Mediterranean journal of social sciences, 6, 640.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education. McGraw-Hill.
Gao, Y., & Qin, X. (2022). Entrepreneurship education and entrepreneurial intention of Chinese college students: Evidence from a moderated multi-mediation model. Frontiers in Psychology, 13.
Garcia, R., & Rodriguez, J. (2019). Social Media as a Tool for Innovation and Collaboration in Entrepreneurship. International Journal of Innovation Management, 6(2), 87-104.
Ghozali, Imam, Hengky Latan. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. Semarang
Global Entrepreneurship Monitor (GEM). (2022). Global Report. https://www.gemconsortium.org/report
Hair Jr., J.F., et al. (2014) Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool in Business Research. European Business Review, 26, 106-121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-012
Haryono, (2016). Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS LISREL PLS. Jakarta : PT Intermedia Personalia Utama.
Holm, C., & Martinsen, A. (2015). Mapping the Relationship Between Higher Education and Sustainable Development. Studia Paedagogica, 20, 71-84.
Hossain, M.I., Tabash, M.I., Siow, M.L., Ong, T.S., & Anagreh, S. (2023). Entrepreneurial Niat Berwirausaha of Gen Z university students and entrepreneurial constraints in Bangladesh. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 12.
Husein Umar. (2005), Metode Penelitian Untuk Tesis Dan Wirausaha, Jakarta: Grafindo
Indonesia.go.id portal informasi Indonesia (2022). Wirausaha Mapan Indoensia Kuat (2023) diakses dari https://Indonesia.go.id/kategori/perdagangan/4994/wirausahawan-mapan-ekonomi-nasional-kuat?lang=1
Jiatong, W., Murad, M., Bajun, F., Tufail, M., Mirza, F., & Rafiq, M. (2021). Impact of Entrepreneurial Education, Mindset, and Creativity on Entrepreneurial Intention: Mediating Role of Entrepreneurial Self-Efficacy. Frontiers in Psychology, 12.
Jones, C. I. (2016). The Facts of Economic Growth. Handbook of Macroeconomics, 2, 3-69. https://doi.org/10.1016/bs.hesmac.2016.03.002
Kampus Merdeka (2020). Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Diakses pada website resmi pada tanggal 11/11/23 pukul 21.10 WIB https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about/sambutan-dirjen-dikti
Kaur, M., & Chawla, S. (2023). Understanding the relationship between entrepreneurship education, entrepreneurial attitudes, and entrepreneurial Niat Berwirausaha among engineering graduates: the moderating role of gender. Journal of Work-Applied Management.
Kautonen, T., van Gelderen, M., & Fink, M. (2015). Robustness of the theory of planned behavior in predicting entrepreneurial Niat Berwirausaha and actions. Entrepreneurship: Theory and Practice, 39(3), 655–674. https://doi.org/10.1111/etap.12056
Kementrian Kelautan dan Perikanan (2020). Konservasi Perairan Sebagai Upaya menjaga Potensi Kelautan dan Perikanan Indonesia (2023). Diakses dari https://kkp.go.id/djprl/artikel/21045-konservasi-perairan-sebagai-upaya-menjaga-potensi-kelautan-dan-perikanan-Indonesia
Krejcie, R. V., & Morgan, D. W. (1970). Determining Sample Size for Research Activities. Educational and Psychological Measurement, 30(3), 607–610. doi:10.1177/001316447003000308
Leong, L. Y., Hew, T. S., Ooi, K. B., Metri, B., & Dwivedi, Y. K. (2022). Extending the Theory of Planned Behavior in the Social Commerce Context: A Meta-Analytic SEM (MASEM) Approach. In Information Systems Frontiers (Issue 0123456789). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10796-022-10337-7
Li, Y., Cao, K., & Jenatabadi, H.S. (2023). Effect of entrepreneurial education and creativity on entrepreneurial intention in college students: mediating entrepreneurial inspiration, mindset, and self-efficiency. Frontiers in Psychology, 14.
Liu, X., Lin, C., Zhao, G., & Zhao, D. (2019). Research on the Effects of Entrepreneurial Education and Entrepreneurial Self-Efficacy on College Students’ Entrepreneurial Intention. Frontiers in Psychology, 10.
Luthans, F., Youssef, C. M., & Avolio, B. J. (2015). Pyschological capital and beyond. Oxford University Press, 317.
Lv, Y., Chen, Y., Sha, Y., Wang, J., An, L., Chen, T., Huang, X., Huang, Y., & Huang, L. (2021). How Entrepreneurship Education at Universities Influences Entrepreneurial Intention: Mediating Effect Based on Entrepreneurial Competence. Frontiers in Psychology, 12.
Martinez, D., & Davis, R. (2021). The Role of Social Media in Brand Building for Startups."Journal of Business Branding, 25(4), 287-302.
McLaughlin, C., & Stephens, S. (2019). The theory of planned behavior: the social media Niat Berwirausaha of SMEs. Irish Academy of Management, September 2015, 1–30. https://www.researchgate.net/publication/330412288_The_theory_of_planned_behavior_the_social_media_Niat Berwirausaha_of_SMEs
Mei, H., Lee, C., & Xiang, Y. (2020). Entrepreneurship Education and Students’ Entrepreneurial Intention in Higher Education. Education Sciences, 10, 257.
Meltwater.com (2023). Trend Pengguna Internet dan Media Sosial Indonesia Tahun 2023. Diakses dari https://www.meltwater.com/en
Morales, M., & Velilla, J. (2021). The effect of cultural environment on entrepreneurial decisions. International Journal of Social Economics.
OECD. (2021). Skills Outlook 2021: Skills for a Resilient Recovery and a Digital Future. https://www.oecd.org/skills/outlook/
Olanrewaju, A. S. T., Hossain, M. A., Whiteside, N., & Mercieca, P. (2020). Social media and entrepreneurship research: A literature review. International Journal of Information Management, 50(May 2019), 90–110. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.05.011
Pemerintah Provinsi Jambi (2022). Laporan Kinerja Provinsi Jambi. Diakses pada website resmi pada 11/11/23 pukul 18.35 WIB https://jambiprov.go.id/files/LKj%20PEMROV%20JAMBI%20TAHUN%202022%20(CETAK).pdf
Rundle-Thiele, S., & Kuhn, R. (2017). Generation Z: Detaching from Social Media. Journal of Consumer Behaviour, 16(3), 213–222. https://doi.org/10.1002/cb.1633
Sahputri, R.A., Mawardi, M.K., Yumarni, T., & Sujarwoto, S. (2023). Entrepreneurship education, family entrepreneurial orientation and entrepreneurial intention among students in Indonesia. Journal of International Education in Business.
Saifuddin Azwar, (2018) Metode Penelitian Psikologi, Edisi 2, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Seligman, M. E. (2007). Learned Optimism: How to Change Your Mind and Your Life (3nd ed.). New York, NY: Vintage Books.
Shaw, M. E., & Costanzo, P. R. (Duke U. (2012). Theories of Social Psychology, second edition (Vol. 1).
Simon, H. A. (1982). Models of Bounded Rationality. MIT Press.
Smith, A., & Johnson, B. (2020). The Impact of Social Media Marketing on Small Business. Journal of Entrepreneurship, 15(2), 112-130.
Snyder, C. R. (1994). The Psychology of Hope: You Can Get There from Here. New York, NY: Free Press.
Technology for Growth, Factor Shares, and Employment. American Economic Review, 108(6), 1488–1542. https://doi.org/10.1257/aer.20160696
Teori, J.M., Terapan, D., & Widjojo, H. (2023). A Comprehensive Entrepreneurship Education Model Based on Social Cognitive Theory. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management
Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2017). Social Media Marketing. SAGE Publications.
Wiyono, G. (2011). Merancang penelitian bisnis dengan alat analisis SPSS 17.0 & SmartPLS 2.0 / Gendro Wiyono.
Wirausaha Merdeka Kampus Merdeka Kemendikbudristek (2022) Tentang Wirausaha Merdeka Indonesia. Diakses pada website resmi pada tanggal 11/11/23 pukul 21.18 WIB https://wirausahamerdeka.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/info/
Zhang, H., & Chen, H. (2023). Sustainable entrepreneurship out of entrepreneurial opportunity identification: The mediating role of psychological capital. Frontiers in Psychology, 14.
Zhao, J., Wei, G., Chen, K., & Yien, J. (2020). Psychological Capital and University Students’ Entrepreneurial Intention in China: Mediation Effect of Entrepreneurial Capitals. Frontiers in Psychology, 10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ridho Akbar HZ, Fitriaty Fitriaty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.