STRATEGI PENINGKATAN KINERJA BANK JAMBI BERDASARKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v12i04.24620Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja Bank Jambi berdasarkan hasil evaluasi kinerja pada perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan, serta menganalisis strategi peningkatan kinerja Bank Jambi berdasarkan empat perspektif tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa ; (1) kinerja Bank Jambi pada aspek keuangan menunjukkan hasil pencapaian kinerja yang baik, yakni mencapai 110,76% dari target, (2) kinerja Bank Jambi pada aspek pelanggan menunjukkan hasil pencapaian kinerja yang sangat baik, yakni mencapai 125,75% dari target, (3) kinerja Bank Jambi pada aspek proses bisnis internal menunjukkan hasil pencapaian kinerja yang baik, yakni mencapai 107,5% dari target, dan (4) kinerja Bank Jambi pada aspek pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan hasil pencapaian kinerja yang baik, yakni mencapai 109% dari target. Hasil penilaian kinerja secara keseluruhan dilihat dari keempat perspektif tersebut berada pada kategori kualitas kinerja “baikâ€. Terkait dengan strategi yang telah diterapkan Bank Jambi dalam pencapaian kinerja baik pada aspek keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan, didapatkan hasil bahwa: (1) strategi pencapaian target kinerja keuangan Bank Jambi yang telah diterapkan meliputi; cross selling product, kerja sama dengan berbagai instansi, pendekatan secara personal kepada nasabah, dan pameran produk, (2) strategi pencapaian target kinerja pelanggan Bank Jambi yang telah diterapkan meliputi; peningkatan kerja sama dengan berbagai instansi, peningkatan frekuensi pameran produk, dan peningkatan kualitas layanan dengan pemberian reward “The Best Frontliner of The Month†dan kegiatan role play, (3) strategi pencapaian target kinerja proses bisnis internal Bank Jambi yang telah diterapkan meliputi; pelaksanaan pembinaan KCP, proses dan analisa kredit, monitoring rekening suspense dan saldo abnormal setiap hari, serta tindak lanjut temuan audit yang dilaksanakan dengan baik, dan (4) strategi pencapaian target kinerja pertumbuhan dan pembelajaran Bank Jambi yang telah diterapkan meliputi; realisasi perencanaan dan pemenuhan kebutuhan SDM sesuai dengan waktu kebutuhan dan formasi, pemutusan dan pengusulan karyawan sesuai dengan waktu dan kebutuhan, pelaksanaan program pendidikan/pelatihan karyawan sesuai dengan anggaran dan jadwal, penyelesaian segala kasus pelanggaran sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, serta pembinaan dan peningkatan motivasi pekerja dalam bentuk Forum Peningkatan Kinerja.
Downloads
References
Aditiyo, M. (2012). Evaluasi Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Sistem Pengukuran Organisasi. Jurnal Program Magister Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, Vol. 2 (3).
Aduda, J. dan Kingoo, N. (2012). The Relationship Between Electronic Banking and Financial Performance Among Commercial Banks in Kenya. Journal of Finance and Investment Analysis, Vol. 1 (3): 99-118
Al-Najjar, S.M., & Kalaf, K.H. (2012), Designing a Balanced Scorecard to measure a bank's performance: A Case Study. International Journal Of Business Administration, Vol. 3 (4): 44-53.
Andari, D. (2016). Evaluasi Kinerja PT. PINDAD (Persero) dengan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada PT. Pindad (Persero)). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Vol.1 (1): 43-61
Anthony, R. N & Govindarajan, V. (2001). Management Control System. Tenth Edition New York: Mc Graw-Hill Irwin.
Armstrong, M. & Baron, A. (1998). Performance Management: The New Realities.
New York: Institute of Personnel and Development
Asmarani, L. dan M. Agussalim. (2020). Pengaruh Penerapan Balanced Scorecard terhadap Kinerja Manajemen pada PT. BPR Ganto Nagari 1954 Lubuk Alung. Pareso Jurnal, Vol. 2 (4): 347-362
Assaf, A. G., Berger, A. N., Roman, R.A., & Tsionas, M. G. (2019). Does Efficiency Help Banks Survive and Thrive During Financial Crises?. Journal of Banking and Finance, 106, 445–470
Basri, Y. M. (2015). Pengukuran Kinerja Non Finansial dalam Meningkatkan Kinerja Finansial: Study Literatur. Jurnal Akuntansi, Vol. 3 (2): 114-126
Bastian, I. (2005). Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Penerbit Erlangga
Boateng, K. & Nagaraju, Y. (2020). The impact of digital banking on the profitability of deposit money banks: Evidence from Ghana. International Journal of Research in Finance and Management 2020, Vol. 3 (1): 144-150
Ciptani, M. K. (2000). Balance Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Masa Depan: Suatu Pengantar. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 2 (1).
Delgado, J., Hernando, I. dan Nieto, M. J. (2007). Do European Primarily Internet Banks Show Scale and Experience Efficiencies. European Financial Management, Vol. 13 (4): 643-671
Djumhana, M. (2000). Hukum Perbankan di Indonesia. Bandung: Citra Aditya.
Doyran, M. A. (2013). Net Interest Margins and Firm Performance In Developing Countries Evidence From Argentine Commercial Banks. Management Research Review, Vol. 36 (7): 720–742
Erena, S., Ayasc, N., & Hacioglud, G. (2013). The effect of Service Orientation on Finansial Performance: The Mediating Role of Job Satisfaction and Konsumen Satisfaction. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 665 – 672
Fidanoski, F., Choudhry, M., Davidovic, M., & Sergi, B. S. (2018). What Does Affect Profitability of Banks In Croatia?. Competitiveness Review: An International Business Journal, Vol. 28 (4): 338–367
Furchan, A. (2024). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Gusevi, S.P. (2019). Pengaruh E-Banking terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum di Indonesia dengan Variabel Kontrol Risiko Kredit, Likuiditas, Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi Periode 2014-2017. Naskah Publikasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Syarif Hidayatullah
Hansen, M. (2006). Akuntansi Manajemen. Edisi Tujuh. Jakarta: Salemba Empat Hanum, S. & Kiswara, E. (2016). Analisis Balanced Scorecard sebagai Alat Ukur
Pengukur Kinerja Perusahaan Studi Kasus pada PT. Astra Honda. E-JournalAkuntansi dan Keuangan, Vol. 3 (2).
Hessel, N. (2005). Manajemen Publik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Jumingan. (2006). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Kaplan, R. S. & Norton, D.P. (1996). The Balance Scorecard: Translating Strategy into Act Massachusetts. Harvard Business School Press.
Kaplan, R. S. & Norton, D.P. (2001). The Strategy Focused Organization: How Balanced Scorecard Companies Thrive in the New Business Environment. Massachusetts: Harvard Business School Press
Kaplan, R. S. & Norton, D.P. (2004). Strategy Map: Converting Intangible Asset Into Tangible Asset. USA: Harvard Business School Press
Keisidou, E., Sarigiannidis, L. & Maditinos, D.I. (2013). Customer satisfaction, loyalty and finansial performance A holistic approach of the Greek banking sector , International Journal of Bank Marketing, Vol. 31 (4)
Kiprop Too, Vincent; Ayuma, Caroline; Ambrose, Kemboi. (2016). Effects of Mobile Banking on the Financial Performance of Commercial Banks in Kapsabet (Kenya). IOSR Journal of Business ad Management, 18, 37-48
Kreitner, R. & Kinicki, A. (2003). Perilaku Organisasi: Organizational Behavior.
Jakarta: Salemba Empat
Maftuhah, R. (2021). Analisis Kinerja Bank Muamalat Indonesia (BMI) Surabaya dengan Pendekatan Balance Scorecard. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Vol. 6 (2): 572-585
Mahmudi, (2005). Manejemen Kinerja Sektor Publik. Jakarta: Kencana
Mahsun, M. (2006). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Penerbit BPFE-Yogyakarta
Margaretha, F. (2015). Dampak Electronic Banking terhadap Kinerja Perbankan Indonesia. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol. 19 (3): 514-524
Mawarni, R., Fasa’, M.I., dan Suharto. (2021). Penerapan Digital Banking Bank Syariah Sebagai Upaya Customer Retantion Pada Masa Covid-19. AL- IQTISHOD: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam, Vol. 9 (2): 39- 54
Miles, M.B., A.M. Huberman, dan J. Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. Terj. Tjetjep Rohindi Rohidi. Jakarta: UI-Press
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Moleong, J. Lexy. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Mulyadi. (2001). Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan. (edisi ke-2). Jakarta: Salemba Empat
Mulyadi. (2007). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
Mulyadi. (2009). Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard. Cetakan Kedua. Jakarta: Salemba Empat
Mulyadi. (2014). Balance Scorecard Sebagai Inti Sistem Manajemen Strategik.
Jakarta : Prima Nusantara Manajemen.
Murhadi, Werner R. (2013). Analisis Laporan Keuangan Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat
Mustopadjaja. (2003). Manajemen Proses Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi dan evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.
Mutasowifin, A. (2002). Penerapan Balance Scorecard Sebagai Tolok Ukur Penilaian Kinerja Pada Badan Usaha Berbentuk Koperasi. Jurnal Universitas Paramadina, Vol. 3.
Mutiasari, A.I. (2020). Perkembangan Industri Perbankan di Era Digital. Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, Vol. 9 (2): 32-41
Mwaura, J. (2015). The Effect of Financial Planning on the Financial Performance of Automobile Firms in Kenya. Journal of International Development, Vol. 1 (2): 25-29
Sandra, J. (2018). Evaluasi Pengukuran Kinerja dengan Pendekatan Balance Scorecard (Studi pada PT BNI (Persero), Tbk.). Majalah Ilmiah BIJAK, Vol. 15 (1): 52-67
Simanjuntak. (2005). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Sobandi, B. (2006). Desentralisasi dan Tuntutan Penataan Kelembagaan Daerah.
Bandung
Soetanto. (2008). Bank Strategy on Funding and Liability Management. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Sudaryanti, D.S., Sahroni, N., dan Kurniawati, A. (2018). Analisa Pengaruh Mobile Banking Terhadap Kinerja Perusahaan Sektor Perbankan yang Tercatat di BEI. Jurnal Ekonomi Manajemen, Vol. 4 (2): 96-107
Sugiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Cetakan Keduabelas. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, W. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya).
Jakarta: Bumi Aksara
Uha, I. W. (2013). Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja, Jakarta: Kencana
Umam, K. (2012). Manajemen Organisasi. Bandung : Pustaka Setia Wibowo. (2009). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Yasin, M.A. (2018). Impact of Internet Banking on Financial Performancce: Empirical from Ethiopia Banks. Research Journal of Finance and Accounting, Vol. 9 (11): 1-10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pauzi Pauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.