PENGARUH PELATIHAN PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DIMEDIASI KOMITMEN ORGANISASI PADA JURU PELIHARA DAN SATUAN PENGAMANAN (SATPAM) DI KAWASAN CAGAR BUDAYA MUARA JAMBI

Authors

  • Cici Carmiasih Universitas Jambi
  • Fitriaty Fitriaty Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v11i03.18001

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pelatihan pegawai terhadap kualitas pelayanan dimediasi komitmen organisasi pada juru pelihara dan satuan pengamanan (satpam). Penelitian ini dilakukan di kawasan Cagar Budaya Muara Jambi, subjek penelitian yaitu berjumlah 70 orang. Variabel yang digunakan yaitu pelatihan, komitmen organisasi dan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode survey dalam pengumpulan datanya. Analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS).  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelatihan pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan, pelatihan pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dan pelatihan pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dimediasi komitmen organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Mzary, M.M.M., Al-Rifai, A. (Mohammad H.D.. And Momany, M.O.E.A.-. 2015, “Training And Its Impact On The Performance Of Employees At Jordanian Universities From The Perspective Of Employees : The Case Of Yarmouk Universityâ€, Journal Of Education And Practice, Vol. 6 No. 32, Pp. 128–140

Budiono, G. L. 2004. “Kepuasan Wisatawan terhadap Kualitas Pelayanan Obyek Wisata Gunung Bromo.â€Jurnal Model Manajemen 2(1) Februari: 59-64.

Dessler, Gary. 2011. “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€, Jilid 1, Edisi 10, PT. Indeks

Dessler, Gary. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 14. Jakarta: Salemba Empat.

Faisal & Murkhana. 2019. Jurnal: Pengaruh Pelatihan Karyawan Terhadap Kualitas Pelayanan dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Mediasi. Vol. 10 No. 1. April, 2019.

Henry Simamora, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Yogyakarta: STIE YKPN Yogyakarta.

Ida Bagus , at. el .2018. “Pendekatan Dimensi Kualitas Pelayanan, Daya Tarik Wisata, Fasilitas, Biaya Perjalanan Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kunjungan Wisatawan Pada Obyek Wisata Pantai Plengkung Di Kabupaten Banyuwangi Propinsi Jawa Timur (Upaya Pemberdayaan Pengusaha Lokal Sektor Pariwisata). “Jurnal KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi; Vol. 10

Indrayanto, Adi, And Sigit W. D. Nugroho. 2016. “Pengaruh Pelatihan Terhadap Komitmen Organisasional Dengan Organisational Based Self- Esteem Sebagai Variabel Pemediasi.†Performance, 41–50

Li, X. and Zheng, Y. 2014, “The Influential Factors of Employees’ Innovative Behavior and the Management Advicesâ€, Journal of Service Science and Management, Vol. 07 No. 06, pp. 446–450

Murjana, I Komang Dwinda, dkk. 2016. Jurnal: Peran komitmen Organisasional Memediasi Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Kualitas Layanan Di Hotel Jimbarwana. Vol. 21 No. 1. Februari. 2016

Mondy, R Wayne. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid 1 Edisi 10. Ahli Bahasa Bayu Airlangga, Penerbit: Erlangga

Parasuraman, A.,Zeithaml, V.A. dan Berry, L.L. (2008). “Delivering Quality service: Balancing Customer Perceptions and Exxpections, “The free press 1990.New York:NY

Ping, H., Murmann, S.K. dan Perdue, R.R. 2012.†Management commitment and employee perceived service quality: The mediating role of affective Commitment.â€Journal of Applied Management and Enterpreneurship, Vol. 17, No. 3, pp. 79-97

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016.†Marketing Managemen.â€15th Edition, Pearson Education,Inc..

Malhotra, N. dan Mukherjee, A. 2004. “The relative influence of organizational commitment and job satisfaction on service quality of customer contact employees in bankin call centres.â€Journal of Service Marketing, Vol. 18, No. 3, pp. 162-174

Mawaddah, Armi. 2019. Jurnal: Pelatihan Service Exellence Perawat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit

Nassazi, Aidah. 2013. “Effects Of Training On Employee Performance. Evidence From Uganda.†Business Economics And Tourism 61 (11): 57

Ocen, E., Francis, K. And Angundaru, G. 2017, “The Role Of Training In Building Employee Commitment: The Mediating Effect Of Job Satisfactionâ€, European Journal Of Training And Development, Vol. 41 No. 9, Pp. 742– 757

Robbin & Judge. 2015. “Perilaku Organisasi Edisi 16. “Jakarta. Salemba Empat

Rosita, S., Fithriani, D.M. and Widiastuti, F. 2019, “Employee Commitment to Improving Work Performance with Remuneration as a Mediatorâ€, Jurnal Manajemen, Vol. 23 No. 3, p. 481.

Safitri, Rini, Afifa Zuniar. 2020. “Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Dimediasi Oleh Komitmen Organisasi Pada Hotel Ubud Kota Malang. “Vol.5 No.1

Samwel, Janes O. 2018. “Impact Of Employee Training On Organizational Performance– Case Study Of Drilling Companies In Geita, Shinyanga And Mara Regions In Tanzania.†International Journal Of Managerial Studies And Research 6 (1): 36–41.

Santrock, John W. 2008. “Educational Psychologyâ€. 2nd Edition. Terjemahan Tri Wibowo B.S. Jakarta: Prenada Media Group

Setiawan, R. I. (2016). “Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Pariwisata: Perspektif Potensi Wisata Daerah Berkembang.†Jurnal Penelitian Manajemen Terapan , 23-35

Stringer. Robert. 2002. “Leadership and Organizational Climate Upper Saddle River.†New Jersey: Printice Hall.

Testa, M.R. 2001.†Organizational commitment, job satisfaction, and effort in the service environtment.†Journal of Psychology, Vol. 135, No. 2, pp. 226-236.

Tsai, M,T., Shuang-Shii, C. dan Chao-Wei, C. 2008. “Commitment-based human resources practices: Through creating service climate enhance market performance in the service industry. “Journal of business review, Vol 11, No 1, pp 144-151.

Puspitawati N. M. D. dan Riana I. G. 2014. “Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Dan Kualitas Layanan. “ Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan Vol.8 No.1, Februari 2014

Wibawa, I Made Kurnia, I Wayan Bagia, And Ni Nyoman Yulianthini. 2016. “Analisis Kegagalan Pelatihan Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan.†E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Carmiasih, C. ., & Fitriaty, F. (2022). PENGARUH PELATIHAN PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DIMEDIASI KOMITMEN ORGANISASI PADA JURU PELIHARA DAN SATUAN PENGAMANAN (SATPAM) DI KAWASAN CAGAR BUDAYA MUARA JAMBI. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(03), 541-651. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i03.18001

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>