Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI di SMAN 11 Kota Jambi
Keywords:
Kemampuan berpikir reflektif, Model pembelajaran Think Talk WriteAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir reflektif siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMAN 11 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperiment. Rancangan penelitian yang digunakan Posttest only Control Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 7 (tujuh) kelas dengan jumlah 246 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara random, dengan sampel yang terpilih kelas XI F1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini diperoleh, rata-rata kelas eksperimen adalah 78,00 dengan kategori “reflektif†sebesar 78% dan rata-rata kelas control adalah 57,00 dengan kategori “kurang reflektif†57%. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai sign (2-tailed) pada kemampuan berpikir reflektif siswa adalah 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa