Analisis Gotong Royong Dalam Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran PPKn(Studi di SMP Negeri 22 Kota Jambi)

Authors

  • Andrian Universitas Jambi
  • Akmal Sutja Universitas Jambi
  • Hendra Universitas Jambi

Keywords:

Gotong royong, profil pelajar pancasila, PPKn

Abstract

Nilai gotong royong pada profil pelajar Pancasila belum diimplementasikan dengan baik oleh siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh beberapa hambatan dalam penerapan nilai gotong royong pada siswa. Tujuan dari penulisan ini adalah menganalisis tentang gotong royong dalam profil pelajar Pancasila pada pembelajaran PPKn yang dilakukan studi di SMPN 22 Jambi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn sudah berupaya menerapkan dan menyadari pentingnya nilai nilai gotong royong di sekolah Namun, sedikt kesulitan dalam mengkomunikasikan serta menerapkannya kepada siswa begitu juga respon siswa yang sudah memahami betap penting nya nilai gotong royong hal ini ditunjukkaan mengenai Kerjasama dalam kelompok yang cukup baik walupun perlu dibenahi lagi agar benar. Tapi ada juga terdapat variasi dalam sikap terhadap persahabatan, dengan beberapa responden mengalami kesulitan menjalin hubungan dengan teman yang memiliki minat dan latar belakang berbeda. Beberapa responden menunjukkan sikap terbuka dan toleran, sementara yang lain lebih memilih untuk melibatkan pihak eksternal atau mengandalkan peran kepemimpinan dalam menyelesaikan masalah. Simpulan yang didapatkan pengimplenetasian nilai gotong royong pada profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PPKn belum terlaksana secara optimal. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Andrian, Sutja, A., & Hendra. (2023). Analisis Gotong Royong Dalam Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran PPKn(Studi di SMP Negeri 22 Kota Jambi). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 1(1), 113-130. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/30440