Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn
Keywords:
Hasil Belajar, Numbered Head TogetherAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan pembelajaran PPKn pada hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di kelas IX.3 SMP Negeri 12 Kota Jambi. Metode penelitian ini adalah PTK dengan desain penelitian menggunakan model Kurt Lewin. Penelitian ini yang dilaksanakan oleh guru PPKn dengan rencana tindakan dalam setiap siklus penelitian ini dikelompokkan menjadi empat tahap, yaitu: 1. Tahap perencanaan, 2. Tahap pelaksanaan tindakan, 3. Tahap observasi dan evaluasi, 4. Tahap analisis refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.3 SMP Negeri 12 Kota Jambi yang berjumlah 32 orang siswa. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes dan dokumentasi. Krikteria keberhasilan yang ditentukan dalam penelitian yaitu 60%. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh persentase rata-rata hasil belajar siswa 57% dengan perolahan nilai siswa yang tuntas 22% atau 7 orang siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus II diperoleh persentase hasil belajar siswa 66% dengan perolehan nilai siswa yang tuntas 41% atau 13 orang siswa yang tuntas. Lalu pada siklus III diperoleh persentase hasil belajar siswa 71% dengan perolehan nilai siswa yang tuntas 56% atau 18 siswa yang tuntas.
Kata kunci: Hasil Belajar, Numbered Head Together