Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Intruction Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi Pada Mata Pelajaran PPKn
Keywords:
Kemampuan berpikir logis, Kooperatif Tipe Team Accelerated InstructionAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir logis siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team accelerated instruction terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperiment. Rancangan penelitian yang digunakan Posttest only Control Design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 7 (tujuh) kelas dengan jumlah 229 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara random, dengan sampel yang terpilih kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIG sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini diperoleh, rata-rata kelas eksperimen adalah 63,00 dengan kategori “logis†sebesar 63% dan rata-rata kelas control adalah 38,00 dengan kategori “kurang logis†38%. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai sign (2-tailed) pada kemampuan berpikir logis siswa adalah 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh penerapan model team accelerated instruction terhadap kemampuan berpikir logis siswa.
Kata kunci: Kemampuan berpikir logis, Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction