Peran Media Sosial Sebagai Agen Sosialisasi Politik Untuk Generasi Muda

Authors

  • Alif Aditya Candra Universitas Jambi
  • Iklima Nur Sya'bani Nur Sya'bani Universitas Jambi
  • Refi Amelia Universitas Jambi
  • Fitria Qutrul Nada Universitas Jambi
  • Aswatun Hasanah Universitas Jambi

Keywords:

sosialisasi politik, agen sosialisasi, media sosial, partisipasi politik pemuda

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklarifikasi peran media sosial dalam mempengaruhi sosialisasi politik baru di kalangan anak muda. Kajian sebelumnya menunjukkan bahwa aktor sosial politik seperti keluarga, lembaga pendidikan, media massa, dan lembaga negara tidak lagi menarik bagi generasi muda. Isi dan cara penyampaian agen sosialisasi membuat anak muda tidak memperhatikan apa yang disampaikan. Artikel ini mengkaji bagaimana media sosial dapat menjadi sarana baru sosialisasi politik bagi kaum muda. Konten dan akses media sosial dianggap lebih up-to-date dan anak muda menggunakan media sosial sebagai sumber informasi politik. Salah satunya, ketika pemilihan umum dilaksanakan pada tahun 2014, anak muda yang baru pertama kali menjadi pemilih menggunakan media sosial sebagai acuan atau alat utama untuk berinteraksi politik. Partisipasi kaum muda dalam politik juga semakin meningkat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mewawancarai enam anak muda.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-24

How to Cite

Aditya Candra, A., Nur Sya’bani, I. N. S., Amelia, R., Qutrul Nada, F., & Hasanah, A. (2023). Peran Media Sosial Sebagai Agen Sosialisasi Politik Untuk Generasi Muda. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 1(1), 23-36. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29179