Pengembangan Media Interaktif Ispring Suite Pada Materi Harmonisasi Hak Dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila Di Kelas XI TBSM SMK Negeri 6 Muaro Jambi
Keywords:
Media interaktif, ispring suiteAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn yang awalnya hanya mencapai persentase 57,89%. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang diberikan guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan media pembelajaran yang umum saja. Belum menggunkan media interaktif yang menarik dan inovatif sehingga menambah minat belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif ispring suite pada materi harmonisasi hak dan kewajiban asasi manusia dalam perspektif pancasila di kelas XI TBSM SMK Negeri 6 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Populasi penelitian ini adalah siswa siswa kelas XI TBSM dengan jumlah 19 orang siswa. Hasil penelitian ini diperoleh, nilai dari pretest dan postest semakin meningkat, mencapai 81,57%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan sebelum menggunakan media pembelajaran dan media pembelajaran menggunakan software ispring suite layak dan efektif digunakan serta dapat meningkatkan hasil belajar untuk siswa kelas XI TBSM SMK Negeri 6 Muaro Jambi pada mata pelajaran PPKn materi “Harmonisasi Hak Dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila.