Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas VIII C SMP Negeri 17 Kota Jambi

Authors

  • Yurike Pricillya Universitas Jambi
  • Firman Universitas Jambi
  • Dona Sariani Universitas Jambi

Keywords:

Media Pembelajaran, Minat Belajar, Flipbook Maker

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Masalah yang terdapat dalam penulisan ini guru belum menerapkan media pembelajaran yang menarik serta inovatif untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  media pembelajaran berbasis flipbook maker untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII C SMP Negeri 17 Kota Jambi. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket dari ahli media, materi, bahasa, guru, dan siswa serta tes hasil belajar. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu dari 33 siswa terdapat 30 siswa yang nilainya tuntas dan 3 lainnya tidak tuntas. Hal ini menandakan 91% siswa tuntas dan menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis flipbook maker bisa digunakan untuk siswa kelas VIII C SMP Negeri 17 Kota Jambi pada mata pelajaran PPKn dengan materi Tata Negara dan Pemerintahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yurike Pricillya, Universitas Jambi

This research was motivated by students' low interest in learning in Civics subjects. The problem in this writing is that teachers have not implemented interesting and innovative learning media to foster students' interest in learning. This research aims to determine flipbook maker-based learning media to increase students' interest in learning in Civics subjects in class VIII C of SMP Negeri 17 Jambi City. This research and development uses the ADDIE model which consists of five stages, namely: Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The instruments in this research were questionnaires from media, material, language, teacher and student experts. The research results obtained were that out of 33 students, 30 students had completed grades and 3 others had incomplete grades. This indicates that 91% of students have completed it and shows that flipbook maker-based learning media can be used for class VIII C students at SMP Negeri 17 Jambi City in Civics subjects with material on State Administration and Governance.

Downloads

Published

2023-12-18

How to Cite

Pricillya, Y., Firman, & Sariani, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas VIII C SMP Negeri 17 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 1(1), 103-112. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29805