Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XII AKL Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMK N 1 Bayung Lencir

Authors

  • Putri Ayuni Febrianti Putri Ayuni Febrianti
  • Heri Usmanto Universitas Jambi
  • Melisa Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa  PKn. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran group study terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI AKL SMKN 1 Bayung Lencir pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif  dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design,  One Group Pretest-Posttest dipakai sebagai desain penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Bayung Lencir. Hasil penelitian ini diperoleh klasifikasi kemampuan berpikir kreatif siswa setelah dilakukan perlakuan mengalami kenaikan yang berarti dengan siswa yang memperoleh kategori sangat kreatif 11 siswa dengan persentase 31%, Kategori kreatif 15 siswa dengan persentase 43%, cukup kreatif sebanyak 8 siswa dengan persentase 23%, kategori kurang kreatif  sebanyak 1 siswa dengan persentase 3%. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan memakai uji t didapatkan nilai thitung > ttabel (-11, 825 > 2,035) denagn taraf 5% yang artinya model pembelajaran  Group Investigation memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan didapatkan nilai sig (2-tailed) pada kemampuan berpikir kreatif siswa adalah  0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Karena itulah, bisa disimpulkan yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Febrianti, P. A., Usmanto, H., & Melisa. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XII AKL Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMK N 1 Bayung Lencir. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 1(01), 147-155. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/30321