Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berorientasi Higher Order Thinking Skill (Hots) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas X Fase E. 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi

Authors

  • Febi Ariani Universitas Jambi
  • Siti Tiara Maulia Universitas Jambi
  • M. Salam Universitas Jambi

Keywords:

Discovery Learning, HOTS, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pembelajaran PPPKn pada hasil belajar siswa. Pembelajaran yang disampaikan secara konvensional cenderung membuat siswa bosan terhadap penyampaian materi yaang diberikan. Akibatnya siswa malas dalam berpartisipasi dalam kegiatan proses belajar mengajar yang berlangsung. Terlihat bahwa masih banyak siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Hal ini tentunya menjadi suatu permasalahan yang apabila tidaak ditinjak lanjutkan. Disisi lain tentunya guru diharapkan mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menarik untuk siswa. Sehingga suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menarik untuk siswa. Sehingga siswa menjadi semangat dalam mengikuti pembelajaran dan pembelajaran tidak membosankan.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siwa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning di kelas X Fase E.3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kurt Lewin.

Desain penelitian ini didasarkan pada penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh guru PPKn di dalam kelas. Rencana tindakan dalam setiap siklus penelitian ini dikelompokkan menjadi empat tahap, yaitu: 1. Tahap perencanaan, 2. Tahap pelaksanaan tindakan, 3. Tahap observasi dan evaluasi, 4. Tahap analisis refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Fase E. 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi yang berjumlah 32 orang siswa. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes dan dokumentasi. Kerikteria keberhasilan yang ditentukan dalam penelitian yaitu 60%.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan nilai ujian semester siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas IX.3 diperoleh 56% atau 17 siswa nilai ujian semester belum mencapai KKM sedangkan 44% atau 15 siswa nilai ujian semester sudah mencapai KKM. Dari hasil observasi tersebut menunjukkan hasil belajar siswa masih rendah. Maka peneliti melakukan perbaikan pada pembelajaran dengan menerapkan model Discovery Learning. Berdasarkan hasil siklus I diperoleh persentase rata-rata hasil belajar siswa 54% dengan perolahan nilai siswa yang tuntas 25% atau 8 orang siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus II diperoleh persentase hasil belajar siswa 72% dengan perolehan nilai siswa yang tuntas 59% atau 19 orang siswa yang tuntas . Lalu pada siklus III diperoleh persentase hasil belajar siswa 88% dengan perolehan nilai siswa yang tuntas 81% atau 26 siswa yang tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Ariani, F., Tiara Maulia, S., & M. Salam. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berorientasi Higher Order Thinking Skill (Hots) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas X Fase E. 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 1(01), 139-146. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/30568