Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I dengan Pendekatan Kontekstual

Authors

  • Sofnidar -
  • Husni Sabil

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i02.856

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan bahan ajar pendidikan matematika I dengan pendekatan kontekstual, mengetahui penilaian ahli terhadap kelayakan penggunaan bahan ajar untuk digunakan dalam perkuliahan, serta mengetahui penilaian dosen dan mahasiswa terhadap hasil pengembangan.

Bahan ajar pendidikan matematika I dikembangkan dengan pendekatan kontekstual. Hasil penilaian tenaga ahli pada proses validasi isi dan desain bahan ajar yang dihasilkan adalah sangat baik. Semua deskriptor yang diberikan pada angket tertutup dinilai sangat baik dengan rata-rata persentase 91,2%.

Penilaian dua orang dosen pengampu mata kuliah terhadap hasil pengembangan bahan ajar adalah sangat baik dengan rata-rata persentase 95,3%, Sedangkan penilaian dari delapan orang mahasiswa PGSD, tujuh orang menilai dengan kategori sangat baik, persentase 89%-81%. Hanya satu orang yang memberikan penilaian kategori baik persentase 75%. Hasil validasi ahli isi dan desain pembelajaran serta hasil uji coba perorangan dan kelompok kecil terhadap pengembangan draft bahan ajar ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan sudah sangat baik dan layak untuk digunakan dalam perkuliahan.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar, Kontekstual.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-10-15 — Updated on 2012-10-15

Versions

How to Cite

-, S., & Sabil, H. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I dengan Pendekatan Kontekstual. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i02.856

Most read articles by the same author(s)