Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Pada Materi Penampang Dan Jaring-Jaring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi

Authors

  • Husni Sabil

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v4i01.1585

Abstract

Abstrak

Metode mengajar yang kurang sesuai dapat menyebabkan mahasiswa cenderung untuk bersikap pasif. Aktivitas mahasiswa cendrung monoton seperti mencatat, mendengarkan sedikit bertanya. Salah satu upaya yang dilakukan untuk   memperbaiki   keadaan  tersebut  adalah  penerapan  metode Think-Pair-Share.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar mahasiswa pada materi Penampang dan Jaring-Jaring dapat meningkat dengan menggunakan metode  Think-Pair-Share.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan 3 siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan pengamatan dan evasluasi  hasil  belajar. Subjek  dari  penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi

Berdasarkan hasil observasi aktivitas mahasiswa yang diperoleh dari pengamatan terjadi peningkatan. Metode Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, yaitu dengan nilai rata-rata 78. Ketuntasan secara klasikal yang diperoleh mahasiswa mencapai 88,24%. Dengan demikian penerapan metode Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa khususnya pada perkuliahan Penampang dan Jaring-Jaring.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Think-Pair-Share

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-04-15 — Updated on 2014-04-15

Versions

How to Cite

Sabil, H. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Pada Materi Penampang Dan Jaring-Jaring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v4i01.1585

Most read articles by the same author(s)