Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Aktif Model Jigsaw Pada Materi Himpunan Di Kelas VII SMP N 7 Muaro Jambi

Authors

  • Husni Sabil

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i02.1579

Abstract

ABSTRAK

Metode mengajar matematika umumnya dilaksanakan dengan proses pembelajaran yang menyebabkan siswa cenderung bersikap pasif, aktifitas siswa yang monoton seperti mendengarkan, mencatat, sedikit bertanya dan berdiskusi serta kurangnya peran aktif siswa dalam pembelajaran menyebabkan hasil belajar matematika jadi rendah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan tersebut adalah penerapan pembelajaran aktif model jigsaw.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan pembelajaran aktif model Jigsaw. Hipotesis yang dikemukakan adalah hasil belajar matematika siswa pada materi Himpunan meningkat dengan menggunakan Pembelajaran Aktif Tipe Jigsaw.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan 3 siklus. Siklus I dilaksanakan pengamatan dan diiringi satu kali evaluasi hasil belajar. Siklus ke-2 juga dilaksanakan pengamatan dan diiringi satu kali evaluasi hasil belajar. Begitu pula siklus ke-3  menggunakan pengamatan dan satu kali evaluasi hasil belajar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 7 Muaro Jambi.

Berdasarkan hasil observasi, aktivitas siswa diperoleh dari pengamatan, terjadi peningkatan dalam proses pembelajaran matematika. Pembelajaran aktif Tipe Jigsaw telah mampu membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran aktif Tipe Jigsaw juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ketuntasan belajar awal secara klasikal mencapai 68% dan akhir penelitian secara klasikal mencapai 86% hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran aktif Tipe Jigsaw dapat menjadikan salah satu alternatif pemilihan pendekatan dalam pembelajaran matematika. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran aktif Tipe Jigsaw dalam pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VII  SMPN 7 Muaro Jambi.

Kata Kunci:  Model Jigsaw, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-10-15 — Updated on 2013-10-15

Versions

How to Cite

Sabil, H. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Aktif Model Jigsaw Pada Materi Himpunan Di Kelas VII SMP N 7 Muaro Jambi. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i02.1579

Most read articles by the same author(s)