Efektifitas Tes Formatif pada Pembelajaran Matematika di SMPN 16 Kota Jambi

Authors

  • Husni Sabil

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i02.855

Abstract

Abstrak

 

Pelaksanaan tes formatif terdapat pada bagian akhir setiap paket kegiatan pembelajaran. Tes ini bertujuan untuk memonitor efektifitas proses pembelajaran, sebaliknya tes formatif bukan untuk memberikan penilaian terhadap hasil belajar siswa. Pelaksanaan tes formatif dimaksud adalah pelaksanaan tes formatif yang meliputi kegiatan yang dilakukan guru terhadap aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas tes formatif yang di laksanakan pada bidang studi matematika di SMP N 16 Kota Jambi. Untuk mengetahui pelaksanaan tes formatif dan efektifitasnya pada pembelajaran matematika digunakan kuisioner tertutup dan dianalisis menggunakan prosentase dan rata-rata.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan tes formatif  bagi siswa tergolong sedang (57,75%) dan efektifitas terhadap pemebelajaran juga tergolong sedang (63,38%).

Kata kunci: Efektifitas, Tes Fosmatif, Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-10-15 — Updated on 2012-10-15

Versions

How to Cite

Sabil, H. (2012). Efektifitas Tes Formatif pada Pembelajaran Matematika di SMPN 16 Kota Jambi. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i02.855

Most read articles by the same author(s)