Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) Pada Materi Ruang Dimensi Tiga menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (MPBM) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNJA

Authors

  • Husni Sabil

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i01.185

Abstract

Abstrak

Berdasarkan pengalaman staf pengajar dalam melaksanakan perkuliahan,  banyak gejala yang terlihat. Gejala tersebut yaitu mahasiswa enggan menyampaikan pertanyaan maupun permasalahan dalam proses perkuliahan yang sedang mereka hadapi, kurang adanya interaksi sesama mahasiswa  dalam proses belajar dan kurang mampu mancari permasalahan maupun cara pemecahannya serta berpandangan selalu menerima apa yang diberikan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas belajar mahasiswa  dalam mempelajari materi Ruang Dimensi Tiga melalui pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL) dengan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (MPBM) serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa  pada materi Ruang Dimensi Tiga melalui pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL) dengan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (MPBM).

Penelitian yang dilakukan termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Dimana masing-masing siklus dimulai dari perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan analisis serta refleksi terhadap tindakan yang diberikan.

Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kualitas belajar mahasiswa  dan hasil belajarnya. Secara numerik kesempurnaan kualitas perkuliahan mencapai 87,1%, sedangkan rata-rata hasil belajar mahasiswa  mencapai 77,  Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL) dengan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (MPBM) dapat meningkatkan kualitas dan hasil belajar pada materi Ruang Dimensi Tiga Mahasiswa  Program Studi Pendidikan Matematika.

Kata kunci: CTL dan MPBM.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2011-04-15 — Updated on 2011-04-15

Versions

How to Cite

Sabil, H. (2011). Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) Pada Materi Ruang Dimensi Tiga menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (MPBM) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNJA. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i01.185

Most read articles by the same author(s)